Begini Kisah Nabi Sam’un, Utusan Allah yang Disebut-sebut Samson di Dunia Nyata - INDEPHEDIA.com

Header Ads

Begini Kisah Nabi Sam’un, Utusan Allah yang Disebut-sebut Samson di Dunia Nyata


Soal siapa Samson, pasti banyak yang sudah tahu kalau kekuatan terbesarnya ada pada rambutnya.

INDEPHEDIA - Mungkin Anda pernah mendengar kisah tentang Samson dan Delilah yang begitu melegenda. Kisah cinta keduanya mampu membuat baper semua orang yang mendengarnya. Tak hanya di negara lain, di Indonesia cerita Samson dan Delilah pernah dibuat film-nya dalam versi lucu yang dibintangi Almarhum Benyamin S si pemeran Samson.

Soal siapa Samson, pasti banyak yang sudah tahu kalau kekuatan terbesarnya ada pada rambutnya. Kalau dipotong, ia seolah-olah lemas tak berdaya. Nah, cerita hidup dari Samson ini nyatanya sering kali dikaitkan dengan salah satu nabi yang ada di dalam Kitab Al-Qur’an, namanya Nabi Sam’un Al-Ghozi.

Kedua cerita tokoh tersebut dari alur ceritanya selain dari kekuatan mahkota kepalanya, keduanya juga mempunyai kemiripan lain, sama-sama bertempat tinggal di Tanah Romawi.

Dari Kitab Muqasyafatul Qulub karangan Al- Ghazali dikisahkan, jika Nabi dari Bani Israil itu diutus di Tanah Romawi. Beliau ditempatkan di sana karena berperang melawan bangsa yang menentang Ketuhanan Allah SWT. Salah satunya menentang Raja Israil.




Raja Israil kemudian tahu akan rencana yang dibuat Nabi Sam’un untuk menentangnya. Maka dari itu, Raja Israil mencari kelemahan dari Nabi Sam’un. Caranya, dengan membuat sebuah sayembara, bagi siapa saja yang mengetahui kelemahan dari Nabi Sam’un Al Ghozi akan diberi imbalan berupa permata berlimpah ruah. Dari sana, istri dari Nabi Sam’un pun tergoda dengan permata berlimpah dari sang raja.

Pada akhirnya, istri Nabi Sam’un rela mengkhianati suami tercintanya demi mendapatkan imbalan yang bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. Alhasil, istri dari Nabi Sam’un melaporkan kepada Raja Israil jika kelemahan dari suaminya ada di rambutnya. Begitu Nabi Sam’un lemah, Raja Israil berhasil menyiksanya tanpa ampun.

Demikian kisah singkat dari Nabi Sam’un yang banyak beredar. Dari cerita tersebut, banyak ahli yang mengatakan kisah ini hanyalah cerita fiksi yang dicampur dengan sejarah. Sementara itu, ada pula yang menyatakan jika Nabi Sam’un memang benar adanya.

Mengenai cerita Samson memang sudah melegenda. Tapi, untuk bagian apakah Nabi Sam’un adalah Samson, sepertinya itu masih rancu. Sebab, sehebat-hebatnya Samson tidak akan bisa menyamai atau mengalahkan kelebihan dari seorang Nabi yang merupakan utusan Allah SWT. Billahi Sawwab. (***)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).