Wilayah Benua dan Pembagiannya

 


INDEPHEDIA.com - Di dunia ini ada 7 benua, masing-masing Benua Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antarktika, Eropa dan Australia.

Dari urutan benua di atas, Benua Asia yang paling besar (terbesar) di dunia, disusul Benua Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antarktika, Eropa dan yang paling kecil (terkecil) Benua Australia.

Selain berdasarkan luas, benua dibagi juga menjadi wilayah, masing-masing disebut Superbenua, Subbenua, Benua yang Tenggelam dan Benua Mikro.

Superbenua adalah benua yang berukuran sangat besar yang pernah ada di masa lalu, yang meliputi beberapa kraton atau semua kraton yang ada sekarang. Contoh Superbenua, seperti Gondwana dan Pangea. 

Gondwana atau Gondwanaland merupakan superbenua yang pernah ada selama era Neoproterozoikum sekitar 550 juta tahun yang lalu hingga periode Jurasik sekitar 180 juta tahun lalu.

Sedangkan, Pangea atau Pangaea disebut juga Pangeae adalah Superbenua yang ada selama era akhir Paleozoikum dan awal Mesozoikum.

Superbenua Pangea terbentuk sekitar 300 juta tahun yang lalu dan mulai retak sekitar 200 juta tahun yang lalu, sebelum komponen benua dipisahkan menjadi konfigurasi mereka saat ini.

Subbenua adalah beberapa wilayah dari benua yang ada, terutama jazirah yang luas dan terpisah dari daratan utama karena alasan bentuk geografis. 

Contoh Subbenua yang paling terkenal, yakni Subbenua India dan Jazirah Arab, Kerucut Selatan di Amerika Selatan dan Semenanjung Alaska di Amerika Utara.

Benua yang Tenggelam adalah wilayah kerak benua yang wilayahnya sebagian besar tenggelam di bawah air laut.

Contoh Benua yang Tenggelam paling terkenal, yaitu Selandia yang berlokasi di sekitar wilayah lautan Kaledonia Baru, Selandia Baru dan Dataran Tinggi Kerguelen yang berlokasi di Samudera Hindia. 

Benua Mikro adalah beberapa pulau yang berlokasi di bagian kerak benua yang terpisah dari daratan benua utama. Namun, karena ukurannya yang sangat kecil tidak dianggap sebagai benua.

Contoh Benua Mikro, di antaranya Madagaskar, Tasman Timur, Jan Mayen, Mauritia dan Gulden Draak. (*) 

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top