Wisata Unik, Danau-danau Merah Muda di Australia - indephedia.com

Header Ads

Wisata Unik, Danau-danau Merah Muda di Australia

Danau merah muda/pink (Credits Photo: expedicionesmayas)

Ilmuwan menduga warna air danau berwarna pink tersebut berasal dari zat warna yang dihasilkan oleh bakteri yang hidup dalam lapisan kerak garam.

INDEPHEDIA.com - Tak hanya pantai, di wilayah Australia Barat tempat ditemukannya sejumlah danau merah muda atau pink yang menakjubkan, salah satunya Lake Hillier, danau berwarna pink di Middle Island, pulau terbesar dalam gugus kepulauan Recherche Archipelago di lepas pantai Esperance.

Dari udara, danau ini tampak berwarna merah muda cerah. Panjang danau ini sekitar 600 meter, dan dikelilingi tepian pasir dan hutan lebat penuh pohon paperbark dan eukaliptus. Areal sempit bukit pasir yang diselimuti tumbuhan memisahkannya dari Southern Ocean yang biru.

Ilmuwan menduga warna tersebut berasal dari zat warna yang dihasilkan oleh bakteri yang hidup dalam lapisan kerak garam. Warna air berubah ketika kadar garam menjadi lebih tinggi dari biasanya. Selain itu, suhu yang tinggi, sinar matahari, dan kurangnya curah hujan turut berkontribusi pada perubahan warna air danau.

Dalam kondisi inilah ganggang yang tumbuh di kerak garam danau menghasilkan pigmen merah, yang disebut beta karoten, sebagai bagian dari proses fotosintesis mereka. Hasilnya, danau merah muda yang spektakuler.




Ada banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan di sekitar Esperance, termasuk berkuda, jalan kaki, bersepeda, memancing, menyelam skuba, mengamati paus --antara Mei sampai dengan Oktober ---, selancar angin, menuruni tebing, berkayak, hingga ikut tur 4WD.

Sementara, Pink Lake dekat Esperance merupakan danau merah muda lain yang membentang dengan latar belakang sebagian pemandangan pesisir paling menakjubkan di Australia, tujuh kilometer dari kota Esperance.

Dengan kondisi cuaca yang tepat, danau ini berubah menjadi bernuansa merah muda pucat karena kentalnya ganggang dalam airnya. Untuk pemandangan terbaik dan paling mempesona, berjalanlah ke pengintaian Pink Lake. Danau ini telah dinyatakan oleh BirdLife International sebagai Important Bird Area (IBA) karena menghidupi sejumlah besar burung asli dan migrasi.

Danau berwarna merah muda lainnya berada di Melbourne, Australia, yang kini menjadi destinasi utama para kaum muda yang ingin eksis di Instagram. Mereka tak mau ketinggalan untuk mengunggah kecantikan air danau yang berubah menjadi warna "pink" di media sosial.

Terletak di bagian wilayah industri Melbourne, pengendara yang melewati West Gate Brigde biasanya berhenti sesaat untuk melihat danau lebih dekat. Meski ganggang tidak berbahaya bagi satwa liar di situ, namun otoritas memperingatkan agar pengunjung tidak bersentuhan dengan airnya.

Otoritas taman di Victoria meminta masyarakat yang ingin mengambil foto untuk menjauh dari tepi danau. Larangan itu untuk melindungi vegetasi di sekitar danau sehingga pengunjung harus mematuhi semua peringatan. Selain itu, air yang sangat asin dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Fenomena merah muda di Westgate Park itu dapat terjadi di tempat lain di Australia dan bahkan di seluruh dunia. Di danau barat laut Victoria yang terpencil, Crosbie, Becking, Kenyon, dan Hardy di Taman Nasional Murray Sunset adalah tempat wisata populer karena warnanya yang merah muda. (WS.IN/**)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).