Inilah Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

 


INDEPHEDIA.com - Siapapun orangnya pasti menginginkan tubuh yang sehat setiap hari. Manfaat buah untuk kesehatan tubuh sangat beragam. 

Selain untuk memelihara kesehatan, kandungan nutrisi pada buah juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit.

Sebenarnya, buah-buahan mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat manfaat buah untuk kesehatan tidak diragukan lagi. 

Kandungan nutrisinya menjaga tubuh tetap sehat, juga melindungi tubuh dari kerusakan akibat zat kimia yang masuk dan menyebabkan gangguan.

Buah asam seperti stroberi kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, wortel kaya akan vitamin A, dan bayam adalah sumber zat besi yang dapat mencegah anemia. 

Buah apel mengandung 16 macam polifenol yang bekerja sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi yang ada pada buah, antara lain vitamin dan mineral, seperti vitamin C, asam folat, kalium dan vitamin A (beta karoten).

Kemudian, ada juga vitamin E, magnesium, zinc, dan air, antioksidan dan fitonutrien, yang juga memberi manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Pentingnya Mengonsumsi Buah Setiap Hari

Buah-buahan diketahui memiliki kadar lemak dan gula yang rendah, buah juga sumber serat terbaik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. 

Mengonsumsi buah-buahan setiap hari merupakan cara diet yang baik, selain juga dapat menunjang gaya hidup sehat.

Beberapa manfaat buah bagi kesehatan tubuh, yakni mencegah obesitas dan menjaga berat badan yang ideal dan menurunkan kadar kolesterol.

Kemudian, manfaat lainnya menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit, seperti diabetes tipe 2, stroke, penyakit jantung, kanker dan hipertensi.

Sementara, kandungan serat pada buah membantu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata terkait penuaan, katarak dan degenerasi makula.

Porsi Makan Buah yang Direkomendasikan

Untuk kesehatan secara maksimal, konsumsilah buah-buahan dalam porsi yang benar agar mendapatkan manfaatnya. 

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan 5 porsi atau sekitar 400 gram buah dan sayuran setiap hari. 

Dengan mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran, bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke dan juga kanker.

Untuk mempermudah dalam penyajiannya, anda bisa mengonsumsinya dalam berbagai jenis, seperti dalam bentuk segar, beku, kalengan, kering, atau dalam bentuk jus. 

Pasalnya, tidak ada satu jenis buah atau sayuran yang mengandung semua nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh.

Jadi, anda disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran yang berbeda setiap harinya. 

Dengan begitu, anda bisa mendapatkan kombinasi nutrisi yang berbeda dari setiap buah dan sayuran yang dikonsumsi.

Memilih dan Menerapkan Makan Buah

Guna memaksimalkan kualitas kandungan nutrisinya, belilah buah ketika sesuai musim buah tersebut, misalnya membeli buah mangga di saat musim mangga tiba. 

Ini cara jitu untuk memastikan buah sudah matang pada waktunya atau tanpa proses pematangan paksa dengan zat. Harganya juga pasti lebih murah dibandingkan ketika tidak musimnya.

Kemudian, pilih buah yang masih segar, dengan kualitas yang baik. Anda bisa menilai kondisi buah dari permukaan kulit dan batangnya. Pilih yang tidak cacat atau busuk. 

Jangan lupa membersihkan buah dengan mencucinya menggunakan air mengalir sebelum dikupas dan dimakan.

Dapatkan kombinasi nutrisi dengan menyajikan buah beraneka ragam warna di setiap porsi atau sajian per hari. 

Menerapkan kebiasaan makan buah setiap hari dapat anda lakukan dengan cara menyertakan buah dan sayuran sebagai menu harian anda, pada makan pagi, makan siang, makan malam dan camilan di waktu santai.

Sajikan buah sebagai camilan sehat yang bisa anda bawa ke kantor, ke sekolah, atau ke tempat bermain. 

Letakkan buah segar di tempat yang terlihat dan mudah dijangkau, seperti di meja makan. Ini agar anda selalu tertarik makan buah ketika melihatnya.

Cobalah untuk berkreasi dalam menyajikan buah dengan resep-resep terkini. 

Anda juga bisa menyajikan buah dengan warna dan tekstur yang berbeda untuk meningkatkan selera Anda dan keluarga untuk makan buah.

Hindari mengonsumsi jus buah dan buah kering yang banyak mengandung gula. Jika Anda menginginkan jus buah, buatlah tanpa gula. 

Buah segar yang belum diproses tentu memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada yang telah diolah.

Kendati manfaat buah untuk kesehatan sangat banyak, namun ada sebagian orang yang harus membatasi atau menghindarinya, misalnya orang yang memiliki intoleransi terhadap fruktosa.

Penderita intoleransi fruktosa bisa saja mengalami masalah pencernaan setelah mengonsumsi buah tertentu. 

Apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang menjalani program diet, dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terkait buah apa yang dapat anda konsumsi. (SBB.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top