Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-jenis Legenda

 


INDEPHEDIA.com - Di daerah-daerah di Indonesia bahkan di berbagai belahan dunia terdapat legenda-legenda, seperti kesaktian seseorang, mukjizat hingga keajaiban. 

Sebelum ditulis --ada pula yang tak tersurat--, cerita legenda biasanya disebarkan dari mulut ke mulut. 

Oleh sebab itu, sebagian besar legenda tidak jelas siapa yang menciptakannya. Namun, jika tertulis biasanya ada yang menulis dari legenda tersebut.

Pengertian Legenda

Istilah legenda memiliki pengertian yang cukup banyak. Mulai dari pengertian secara umum, hingga pengertian berdasarkan para ahli yang beragam. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), legenda adalah cerita rakyat kuno yang berkaitan dengan peristiwa sejarah.

Cerita legenda menyerupai mitos dan dianggap semi-imajiner, akan tetapi memiliki nilai sakral atau tidak dianggap sakral oleh sebagian masyarakat layaknya mitos.

Menurut pengertian lainnya, legenda adalah sebuah genre dari cerita rakyat yang terdiri atas narasi yang menampilkan perbuatan-perbuatan manusia. 

Narasi tersebut diyakini atau dipercayai oleh si pencerita dan pendengarnya sebagai suatu kisah nyata yang pernah terjadi. 

Narasi dalam genre ini bisa saja menunjukkan nilai-nilai manusia, dan memiliki beberapa kualitas tertentu yang membuat ceritanya terdengar seperti nyata.

Pengertian lainnya lagi, legenda merupakan bentuk cerita rakyat yang tersebar luas di masyarakat dan bersifat melegenda. 

Cerita legenda sering diartikan sebagai cerita tentang asal-usul suatu daerah, tempat, pusaka, atau sesuatu yang bernilai sejarah.

Ciri-ciri Cerita Legenda
  • Karakteristik yang seolah-olah benar-benar terjadi.
  • Sekuler atau biasa-biasa saja.
  • Tokoh legendaris adalah rakyat biasa.
  • Sejarah kolektif berbeda dengan sejarah aslinya.
  • Sebuah cerita yang sering memutar balikkan sejarah.
  • Berdasarkan pergerakan di alam.
  • Sifat siklus yang berarti mencerminkan karakteristik waktu tertentu.
Jenis-jenis Legenda

Jenis-jenis legenda dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis, yakni Legenda Keagamaan, Kegaiban, Perorangan (Pribadi) dan Lokal. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top