Tempat-tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

 



INDEPHEDIA.com - Bengkulu salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki banyak keindahan alam dan tempat wisata alam, seperti danau, pantai, hingga air terjun. 

Selain itu, Bengkulu identik dengan bunga Rafflesia Arnoldi. Bunga ini adalah bunga yang paling besar di dunia dengan diameter sampai dengan 100 cm. 

Kemudian, Bengkulu juga dikenal sebagai tempat pembuangan pejuang kemerdekaan, seperti Bung Karno.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu pada mulanya merupakan milik pengusaha Tionghoa (Tan Eng Cian) yang bekerja untuk Belanda sebagai penyalur sembako bagi pemerintah Belanda.

Rumah tersebut disewa oleh Belanda sebagai tempat Bung Karno selama diasingkan. Di tempat ini, Bung Karno tinggal dari tahun 1938 sampai dengan 1942.

Di tempat ini juga Soekarno bertemu dengan Ibu Fatmawati yang kelak menjadi istrinya dan merupakan orang yang menjahit bendera merah putih di saat proklamasi 17 Agustus 1945. 

Walaupun berada di pengasingan, Soekarno tidak pernah berhenti menyusun berbagai strategi perjuangan dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Tempat wisata sejarah ini juga menyimpan bermacam benda bersejarah, di antaranya adalah sepeda ontel kesayangan Bung Karno.

Kemudian, ada juga surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati, sampai dengan koleksi buku serta barang peninggalan Soekarno lainnya.

Pantai Tapak Paderi


Pantai Tapak Paderi memiliki garis pantai panjang dan indah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. 

Pantai Tapak Paderi awalnya adalah pelabuhan laut pertama yang ada di Bengkulu yang bermanfaat sebagai pendukung transportasi laut Pemerintah Inggris yang lokasinya dekat dengan Benteng Marlborough.

Dari pantai ini anda bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam dan dari atas Tapak Paderi akan terlihat cantiknya laut Bengkulu. 

Kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika berada di sini selain main di pantai dan main pasir adalah menyusuri kawasan pantai dan menikmati lezatnya jagung bakar.

Pantai Panjang

Pantai Panjang bengkuluPantai Panjang mempunyai garis pantai yang panjang, sesuai dengan namanya yaitu mencapai 7 km. 

Fasilitas yang tersedia di objek wisata Bengkulu yang satu ini tergolong lengkap, mulai dari penginapan, area bermain anak-anak, pusat belanja, sampai dengan restoran dan café serta area olahraga, semuanya tersedia.

Apabila ditempuh dari pusat kota menuju Pantai Panjang, kita membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan jarak kurang lebih 3 km. 

Keindahan pantai ini terletak pada pepohonan cemara dan pinus yang banyak tumbuh di bibir pantai, pasir putih halus dan bersih, serta sunset yang menawan.

Kegiatan yang dapat dilakukan ketika berada di Pantai Panjang antara lain adalah jogging, bermain voli pantai, serta surfing menaklukkan ombak pantai ini. 

Jika anda merasa lapar, silakan memilih tempat makan yang banyak terdapat di sekitar Pantai Panjang. Pilih yang sesuai dengan selera anda.

Danau Dendam Tak Sudah


Danau Dendam Tak Sudah yang memiliki panorama memikat ini berlokasi di Kota Curup, Bengkulu Utara. 
Apabila ditempuh dari pusat Kota Bengkulu maka jaraknya kurang lebih 6 km. 

Danau ini mempunyai flora dan fauna yang begitu kaya, ditambah dengan banyak bukit hijau yang mengelilinginya membuat danau berhawa sejuk segar ini dijadikan kawasan cagar alam.

Salah satu hal menyenangkan yang dapat dilakukan ketika anda berwisata ke Danau Dendam Tak Sudah adalah naik rakit berkeliling danau serta memancing.

Kota Curup

Kota Curup merupakan ibukota dari Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Di kota inilah kita dapat menyaksikan secara langsung bunga terbesar di dunia bernama Rafflesia Arnoldi. 

Jika hendak berkunjung ke mari disarankan untuk menggunakan sweater atau jaket dikarenakan hawa kota yang dingin pada pagi harinya.

Kabupaten Rejang Lebong

Kabupaten Rejang Lebong salah satu daerah yang berada di atas pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian tempat antara 100-1000 meter di atas permukaan air laut. 

Di sini sebetulnya akan banyak anda temukan petak-petak tanaman buah serta sayuran. Tapi, petak tanaman itu tak akan terlihat jelas (samar-samar) karena berselimut kabut tebal.

Bagi anda yang ingin melihat keindahan alam memikat, dari Kota Curup anda dapat langsung tancap gas menuju Bukit Kaba. 

Atau jika anda ingin merasakan sensasi mandi di sumber air panas supaya tubuh terasa segar kembali, anda dapat mengunjungi objek wisata Suban Air Panas. 

Sumber air panas alami ini airnya benar-benar berasal dari pegunungan yang langsung dialirkan ke kolam-kolam di pemandian tersebut.

Benteng Marlborough

Dari sekian banyak daftar tempat wisata di Bengkulu yang wajib di kunjungi, salah satunya adalah Benteng Marlborough. 

Benteng Marlborough merupakan benteng Inggris yang semasanya berfungsi sebagai benteng pertahanan untuk Kota Bengkulu sebagai suatu daerah perdagangan serta monopoli lada. Benteng ini letaknya ada di pantai barat Sumatera.

Benteng yang konon benteng Inggris yang paling kuat di bagian timur setelah Benteng St. George yang berlokasi di Madras, India ini, dibangun oleh East India Company atau EIC pada masa pemerintahan Gubernur Joseph Callet yang berlangsung pada tahun 1713 sampai dengan 1719. 

Benteng yang gagah berdiri di atas lahan seluas 44.100 meter persegi dengan panjang areanya 240,5 meter dan lebar mencapai 170,5 meter, letaknya saling bertolak belakang dengan Samudera Hindia. 

Salah satu objek wisata sejarah di Bengkulu ini bentuknya mirip sekali dengan kura-kura. Ada jembatan yang menjadi penghubung bagian badan dengan kepalanya.

Bukit Kaba

Bukit Kaba termasuk jenis gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Lokasi yang satu ini masuk dalam kategori gunung aktif tipe A, maksudnya gunung yang pernah meletus sejak tahun 1600 sampai dengan sekarang. 

Bukit yang mempunyai ketinggian 1.952 meter di atas permukaan air laut ini mempunyai 8 kawah dan 5 kawah di antaranya tertutup oleh tumbuh-tumbuhan (vegetasi).

Apabila anda ingin menikmati indahnya Gunung Kaba yang biasa disebut Bukit Kaba oleh warga sekitar, anda harus mendaki anak tangga sebanyak 307 buah. Setelah itu barulah tampak lukisan alam hijau Bukit Kaba yang menawan. 

Beragam kegiatan menarik bisa kita lakukan ketika tengah liburan ke Bukit Kaba, antara lain adalah menyaksikan indahnya Bukit Barisan, sunset yang mempesona, berkemah, serta melihat kecantikan Kota Curup yang berhias lampu-lampu di malam hari.

Museum Negeri Bengkulu

Di tempat inilah beragam koleksi berupa benda cagar budaya disimpan demi keamanan. Di awal berdirinya, Museum Negeri Bengkulu ada di dalam Benteng Marlborough. 

Akan tetapi beberapa tahun setelah itu, lokasi benteng dipindah ke gedung baru hingga saat ini. Pemindahan lokasi dilakukan pada tanggal 3 Januari 1983.

Ada dua ruang pameran di museum ini yang menyimpan sekitar 6.220 koleksi dengan 10 kategori, di antaranya biologika, geologika, arkeologika, historika, etnografika, numismatika, keramologika, filologika, teknologika, sampai dengan seni rupa. 

Sebagian besar koleksi dari museum ini benda etnografi, yaitu benda-benda perlengkapan hidup. Sebagai contoh senjata, kain tenun, sampai dengan benda-benda yang dipakai untuk upacara.

Benda-benda yang di koleksi ada yang termasuk benda kuno yang tentunya sudah tidak dibuat lagi masa sekarang ataupun benda yang masih diproduksi hingga saat ini. 

Museum ini dapat dikunjungi dan buka setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai dengan 13.00 (kecuali pada hari Senin).

Danau Mas Harun Bastari

Letak danau yang satu ini dekat dengan Bukit Kaba. Apabila ditempuh dari pusat Kota Curup kita dapat menempuhnya dengan jarak kurang lebih 17 km. 

Danau Mas Harun Bastari merupakan salah satu obyek wisata keluarga favorit di Kota Bengkulu.

Wahana yang dapat dijumpai di sini, antara lain perahu dan sepeda air yang biasa digunakan untuk menjelajah danau. 

Anak-anak tentunya akan suka apabila diajak untuk berwisata ke tempat yang satu ini karena ada pula area bermain anak, mulai dari komidi putar hingga kursi ayun. 

Luas dari objek wisata yang satu ini seluas 36 hektar dengan bukit-bukit di sekitarnya yang banyak ditanami aneka sayur mayur yang segar. 

Alamat Danau Mas Harun Bastari: Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong (tepi Jalan Raya Curup-Lubuk Linggau).

Pulau Tikus

Tempat wisata di Bengkulu yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Tikus yang luasnya sekitar 1,5 hektar. Letaknya 10 km sebelah barat Kota Bengkulu. 

Pulau yang ada di Provinsi Bengkulu ini sekelilingnya memiliki terumbu karang yang cukup luas. 

Terumbu karang tersebut benteng alami yang melindungi Pulau Tikus dari abrasi yang disebabkan oleh gelombang air laut yang besar.

Daya tarik dari Pulau Tikus adalah panorama alam yang mempesona, air laut yang bening, batu karang cantik serta ikan berwarna-warni. 

Di sini, pengunjung bisa melakukan snorkeling untuk melihat lebih dekat batu karang yang cantik itu.

Pulau ini berhubungan langsung dengan Samudera Hindia. Untuk mencapai objek wisata Pantai Tikus, kita dapat sewa kapal dari Pantai Jakat dengan waktu  tempuh selama kurang lebih 1 jam. 

Kalau sewa boat, waktu tempuhnya akan lebih singkat, yaitu sekitar 40 menit apabila kita dari Pelabuhan Pulau Baai.

Dahulu, pantai ini dimanfaatkan sebagai tempat kapal-kapal berlindung dari dahsyatnya ombak Samudera Hindia. 

Sayangnya, terumbu karang di Pulau Tikus lama kelamaan menjadi rusak. Hal ini terjadi akibat ulah manusia yang merusak ekosistem terumbu karang itu. 

Abrasi yang kian cepat dari tahun ke tahun yang melanda Pulau Tikus menyebabkan luas pulau semakin menyempit.

Masjid Jamik Bengkulu

Salah satu peninggalan dari presiden pertama Indonesia, yaitu Bung Karno ketika diasingkan di Bengkulu adalah Masjid Jamik Bengkulu, yang beralamat di Jalan Soeprapto, Bengkulu. 

Selama diasingkan, Presiden Soekarno (Bung Karno) membangun masjid ini bersama masyarakat sekitar.

Atap masjid yang berbentuk limas merupakan simbol persatuan budaya antara Bengkulu dengan Indonesia. Hal ini merupakan nilai budaya yang diterapkan di rumah ibadah di Indonesia. 

Tidak heran, masjid ini yang paling populer di Bengkulu karena nilai arsitekturnya yang tinggi. Selain di Bengkulu, ada juga tempat wisata di Mojosari yang memiliki masjid indah.

Sungai Air Berau

Seperti halnya tempat wisata lain di Indonesia yang memiliki objek wisata arung jeram, objek wisata Bengkulu yang selanjutnya Sungai Air Berau, yang beralamat di Kabupaten Muko-muko, Bengkulu. 

Tempat ini cocok sekali bagi anda yang suka petualangan. Di sungai ini, anda bisa melakukan olahraga arung jeram yang dapat memicu adrenalin. Arus sungai yang deras membuatnya pas untuk melakukan arung jeram. 

Selain olahraga arung jeram, yang menjadi daya tarik obyek wisata yang satu ini adanya upacara adat bernama upacara anak daro mandi ke air, maksudnya adalah upacara memandikan bayi baru lahir ke Sungai Air Berau.

Pantai Teluk Sepang


Bagi anda yang ingin melakukan olahraga selancar atau pecinta selancar, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Teluk Sepang yang memiliki ombak setinggi 3-4 meter ini. 

Kawasan tersebut tak hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan asing yang tertantang untuk menaklukkan ombak Teluk Sepang.

Di Pantai Teluk Sepang ada banyak pemandangan indah yang dapat anda saksikan, seperti pasir pantai, pohon dan tumbuhan unik serta besung yang menjulang. 

Keindahan alam pantai ini yang membuatnya banyak dikunjungi wisatawan lokal, baik di hari biasa maupun libur nasional.

Air Terjun Curup


Tempat wisata di Bengkulu yang paling indah berikutnya Air Terjun Curup. Apabila anda tengah berada di Bengkulu, jangan lupa juga untuk datang melihat keindahan air terjun ini. 

Dengan alam hijau di sekitarnya dan juga adanya danau, tempat ini sangat menarik dijadikan destinasi wisata keluarga.

Air Terjun Curup memiliki banyak keunikan di antaranya ada beberapa air terjun, bukan hanya satu saja. Air dan pemandangan alam sangat menonjol di sekelilingnya. 

Selain itu, air terjun ini juga memiliki bebatuan serta dangkal sehingga dapat dijadikan tempat berendam bagi wisatawan.

Danau Lebong


Danau ini sebetulnya bekas galian tambang batubara. Namun kemudian menjadi tempat wisata. 
Danau Lebong pemandangannya sangat memukau. 

Airnya yang biru muda jernih dan terkadang akan berubah warna jadi kehijauan ketika terkena cahaya mentari menjadi daya tarik tersendiri dari danau ini.

Karena jarak dari lokasi danau, yaitu Taba Panunjang dari Bengkulu lumayan jauh, untuk mencapai objek wisata yang satu ini kita perlu persiapan matang dan perjuangan keras. 

Akan tetapi ketika sampai di lokasi wisata, semua lelah akan hilang dibayar oleh pesona panorama Danau Lebong yang indah itu. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top