Situs Batu Silindrik Pratintuo atau Batu Larung di Bukit Lematang - indephedia.com

Header Ads

Situs Batu Silindrik Pratintuo atau Batu Larung di Bukit Lematang



INDEPHEDIA.com - Situs Batu Silindrik Pratintuo yang oleh warga disebut Batu Larung ini terletak di Desa Dusun Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi yang secara astronomis berada pada koordinat 02º21’21.08” LS dan 101º53’47.03” BT.

Lokasi Batu Larung dari Kota Bangko berjarak sekira 60 kilometer, atau sekira 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan. Tidak jauh dari Batu Larung Desa Dusun Tuo, sekira 5 kilometer terdapat Batu Larung Nilo Dingin. Batu Larung lainnya dapat ditemukan lagi dengan perjalananan darat dari Bangko sekira 4-6 jam, tepatnya di Desa Tanjungkasri, Lubukmentilin, dan Renahkemumu.

Batu silindrik berbentuk bulat panjang dan berukuran 3,45 x 0,94 meter ini berada di puncak Bukit Lematang dan orientasinya menghadap ke puncak Gunung Nilodingin. Lokasi temuan dibatasi sebuah aliran sungai serta parit keliling selebar 2 meter, seperti mengutip laman Kemendikbud.

Menurut penuturan masyarakat setempat, parit tersebut pada waktu ditemukan sangat dalam dan lebar. Pada bagian pangkal dan ujungnya terdapat hiasan yang berbentuk lingkaran (cincin) yang di tengahnya terdapat bentuk gong. Sementara pada bagian tengah batu terdapat hiasan yang berupa 5 buah lingkaran ganda.

Selain itu, juga terdapat 6 buah relief manusia kangkang yang mengapit sebuah lubang segi empat berukuran 0,32 x 0,32 meter yang di tengahnya terdapat sebuah lubang bulat berdiameter 0,20 meter dengan kedalaman 0,12 meter. Di kedua sisi pahatan manusia itu diberi pembatas berupa 2 buah garis lurus yang memanjang sejajar dengan panjangnya batu tersebut. (SJ.IN/*)

No comments