-->

Situs Gua Simardiring, Peninggalan Letusan Danau Toba

 


Situs Gua Simardiring diperkirakan terbentuk sudah berusia ribuan tahun dan diyakini pula lorongnya tembus hingga ke Gua Tombak Sulusulu.

INDEPHEDIA.com - Gua Simardiring atau Situs Gua Simardiring terletak di Gunung Sipalakki, Desa Pakkat, Kecamatan Doloksanggul, Humbanghasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Situs Gua Simardiring diperkirakan terbentuk sudah berusia ribuan tahun dan diyakini pula lorongnya tembus hingga ke Gua Tombak Sulusulu.

Menurut cerita, suatu ketika masyarakat setempat pernah berupaya membuktikan gua tersebut tembus sampai ke Baktiraja dengan melepaskan beberapa anjing peliharaan mereka.

Benar saja, beberapa pekan kemudian anjing-anjing itu ditemukan di kawasan Baktiraja. Masyarakat menilai, gua ini sebagai warisan leluhur yang harus dijaga.

Gua Simardiring merupakan salah satu bukti warisan dunia atau kawasan yang harus dikonservasi, yang diperkirakan sebagai bagian dari peninggalan letusan Gunung Toba.

Dari penelitian geologis, Danau Toba memiliki dua jenis batuan dasar, yaitu permokarbon yang berumur sekitar 300 juta tahun dan mesozoikum berumur 250 juta tahun. (SJ.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

TOPIK

Back to Top