Makam Terlantar di Mesir Ada Mumi Berumur 2.500 Tahun

 


INDEPHEDIA.com - Dari sebuah makam kuno terlantar di bagian selatan Kairo, Mesir mengungkapkan keberadaan mumi dari pemuka agama yang diperkirakan berumur 2.500 tahun.
 

Tiga sarkofagus atau tempat penyimpanan jenazah Mesir dari dinast ke 26 itu dibuka oleh seorang ahli tentang Mesir, Zahi Hawas dan timnya. 

Salah satu sarkofagus berisi satu mumi yang diawetkan dengan sangat baik, dari jenazah seorang pendeta yang disegani, terbungkus kain dan berhiaskan emas menggambarkan Dewi Isis dari Mesir kuno.

Tim tersebut juga membuka dua sarkofagus yang lain, salah satunya berisi mumi perempuan berhiaskan manik-manik biru dan yang lainnya dengan ayah di makam keluarga. Temuan itu disiarkan langsung oleh saluran Discovery.

Dalam situs makam di Provinsi Minya, tim juga menemukan kepala lilin yang langka. "Saya belum pernah menemukan benda seperti ini dalam periode akhir," kata Hawass.

Para arkeolog Mesir menemukan situs itu satu setengah tahun yang lalu dan penggalian masih berlanjut. 

Pada 1927, sebuah sarkofagus dari batu kapur berukuran raksasa ditemukan di kawasan tersebut dan ditempatkan di museum Mesir di Kairo, tapi situs ini kemudian dilupakan.

"Saya sangat yakin, situs ini perlu digali mungkin hingga 50 tahun ke depan," kata Hawass, sehari sebelum tiga sarkofagus itu dibuka dan mengharapkan akan menemukan lebih banyak kuburan di tempat ini. (SJ.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top