Pengamat Sebut Pariwisata Indonesia Berkembang Signifikan - indephedia.com

Header Ads

Pengamat Sebut Pariwisata Indonesia Berkembang Signifikan


Sektor pariwisata telah menjadikan Indonesia sebagai negara yang patut diperhitungkan di dunia.

PURWOKERTO, INDEPHEDIA.com - Pengamat Pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman, Chusmeru menilai, sektor pariwisata Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan dan menggembirakan dengan berbagai pengakuan dan penghargaan dunia pada 2018 - 2019.

"Sektor pariwisata telah menjadikan Indonesia sebagai negara yang patut diperhitungkan di dunia," ujar Chusmeru, di Purwokerto, Jumat (5/4/2019).

Tahun 2018, kata dia, World Travel and Tourism Council (WTTC) menempatkan Indonesia di posisi ke-9 negara dengan pertumbuhan wisatawan mancanegara tercepat di dunia. Menteri Pariwisata Indonesia terpilih sebagai Best Ministry of Tourism di Asia Pasifik dan Kementerian Pariwisata ditetapkan sebagai terbaik se-Asia Pasifik pada 2018.

Pada tahun 2018, Bali juga meraih posisi pertama sebagai destinasi terbaik di dunia menurut TripAdvisor. Atas prestasi itu, Bali meraih penghargaan 'traveller choice' untuk kategori destinasi terbaik dari seluruh negara di dunia. Itu semua artinya Indonesia sebagai negara yang dipercaya, dihargai, dan layak dikunjungi.

Menurutnya, untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut, selain meningkatkan kualitas produk wisata di setiap destinasi, promosi wisata Indonesia bisa dikemas dalam bentuk diplomasi ekonomi maupun diplomasi budaya, misalnya dengan even festival budaya Indonesia di berbagai negara secara berkelanjutan. (NW.IN/*)


No comments