Pertanyaan Ini yang Kerap Ditanyakan Petugas Imigrasi Jika ke Luar Negeri - indephedia.com

Header Ads

Pertanyaan Ini yang Kerap Ditanyakan Petugas Imigrasi Jika ke Luar Negeri


Petugas imigrasi bandara pada dasarnya akan menanyakan pertanyaan yang hampir sama kepada setiap orang yang akan bepergian ke luar negeri, sehingga hal ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk diatasi.

INDEPHEDIA.com - Ada sebagian orang yang tidak mau ribet dengan pihak imigrasi bandara saat akan pergi ke luar negeri. Sementara di lain sisi, proses di bagian imigrasi memang wajib dijalani dalam setiap rencana perjalanan ke negara lain.

Tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk belajar menikmati proses ini dengan cara yang lebih mudah dan nyaman dengan mempersiapkan diri. Menghadapi petugas imigrasi bukanlah sesuatu yang sulit, jika sejak awal Anda memang sudah memahami dengan baik apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan petugas.

Petugas imigrasi bandara pada dasarnya akan menanyakan pertanyaan yang hampir sama kepada setiap orang yang akan bepergian ke luar negeri, sehingga hal ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk diatasi.

Walaupun demikian, sebagian orang memang justru sering memberikan jawaban yang kurang tepat. Alih-alih selesai dengan lancar, berbagai jawaban seperti ini bisa saja membuat masalah di dalam perjalanan atau bahkan membuat perjalanan menjadi batal.

Nah, agar rencana perjalanan Anda bisa lancar, pastikan Anda memahami dengan baik berbagai pertanyaan petugas imigrasi, termasuk jawaban yang paling tepat.

Berikut ini pertanyaan yang sering ditanyakan petugas imigrasi di bandara saat ke luar negeri seperti INDEPHEDIA.com kutip dari sejumlah sumber.

1. Tujuan Perjalanan

Urutan pertama pertanyaaan yang paling umum dan biasanya ditanyakan petugas imigrasi bandara adalah tujuan perjalanan Anda. Sebab, hal ini berkaitan dengan jenis visa yang dibutuhkan untuk perjalanan tersebut. Kalau jenis visa Anda tidak sesuai dengan tujuan perjalanan yang akan dilakukan, maka bukan tidak mungkin hal ini akan menjadi masalah di dalam perjalanan Anda.

Selain itu, pastikan Anda selalu mengatakan dengan jujur tujuan perjalanan Anda kepada petugas imigrasi, sehingga petugas tersebut bisa memastikan kelayakan perjalanan dan juga berbagai aturan yang mungkin harus Anda penuhi terkait dengan tujuan Anda ke negara tersebut.

Berbagai jawaban yang tidak jujur sejak awal sangat mungkin membuat Anda berada dalam masalah, seperti terjadinya penahanan atau bahkan deportasi. Bukan hanya membuat perjalanan tidak lancar, kondisi seperti ini tentu akan membuat Anda dalam masalah yang serius.

2. Lama Tinggal di Negara Tujuan

Lama masa tinggal Anda di negara tujuan juga akan menjadi hal yang ditanyakan. Pertanyaan ini pada umumnya akan berhubungan dengan keamanan Anda selama berada di sana. Petugas imigrasi akan membutuhkan informasi tersebut untuk menyesuaikan visa yang Anda gunakan dalam perjalanan.

Hal ini penting bagi petugas untuk memastikan bahwa Anda benar-benar menggunakan visa yang tepat, mengingat hal ini juga bisa menimbulkan masalah di dalam perjalanan Anda.

Masing-masing negara terkait dengan masa tinggal ini juga kadang aturannya berbeda-beda dan pastinya Anda wajib mematuhi aturan yang dimiliki oleh negara tujuan. Berikan jawaban yang tepat dan sesuai kepada petugas imigrasi, sehingga pertanyaan ini tidak menimbulkan masalah bagi perjalanan Anda.

3. Tempat Tinggal Selama Perjalanan

Tempat tinggal Anda selama berada di negara tujuan juga merupakan pertanyaan wajib yang bakal ditanyakan oleh petugas imigrasi. Biasanya, hal ini ditanyakan untuk memastikan keamanan Anda selama berada di sana, termasuk memastikan risiko keamanan yang mungkin saja Anda timbulkan.

Jawaban yang tidak spesifik pada umumnya akan menimbulkan masalah. Apalagi, jika Anda hanya melontarkan jawaban yang sangat umum, seperti asrama atau bahkan apartemen teman.

Hindari jawaban-jawaban yang seperti ini dan pastikan Anda memberikan jawaban detail yang jelas, misalnya alamat hotel yang Anda gunakan, alamat lengkap teman/kerabat, dan lainnya. Jawaban yang lengkap seperti ini akan membuat proses imigrasi menjadi lebih lancar.

4. Pekerjaan Anda

Pekerjaan Anda menjadi pertanyaan lainnya yang biasanya ditanyakan oleh petugas imigrasi. Bukan untuk memastikan urusan Anda di negara tujuan, namun hal ini biasanya ditanyakan untuk memastikan kemampuan keuangan yang Anda miliki.

Hal tersebut tentu penting, mengingat kondisi keuangan Anda akan sangat mempengaruhi kelancaran perjalanan Anda di negara tujuan. Jangan lupa untuk memberi jawaban yang jelas dan cepat, sehingga petugas imigrasi yakin dan tidak meragukan hal tersebut.

Itulah sejumlah pertanyaan yang lazim ditanyakan petugas keimigrasian jika Anda akan ke luar negeri. Pertanyaan lain-lain bisa saja ditanyakan petugas sesuai dengan kebutuhan. Pastikan semua pertanyaan utama ini wajib Anda kuasai betul-betul agar perjalanan Anda menyenangkan. Selamat ke luar negeri! (SBB.IN/*)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).