Pulau Gunung Api Banda, Pesona Indonesia Timur - INDEPHEDIA.com

Header Ads

Pulau Gunung Api Banda, Pesona Indonesia Timur


Gunung Api Banda merupakan gunung berapi aktif, sekaligus sebuah pulau yang terletak di Laut Banda yang bisa kamu kunjungi dan daki. Pulau ini salah satu pulau di Kepulauan Banda. Tingginya 656 meter dari permukaan laut. 

INDEPHEDIA.com - Pulau Gunung Api Banda sekilas terdengar belum terlalu familiar, meski sudah banyak juga wisatawan yang datang ke sini. Potongan surga yang ada di pulau ini pun belum begitu terjamah oleh banyak tangan pengunjung.

Gunung Api Banda merupakan gunung berapi aktif, sekaligus sebuah pulau yang terletak di Laut Banda yang bisa kamu kunjungi dan daki. Pulau ini salah satu pulau di Kepulauan Banda. Tingginya 656 meter dari permukaan laut. Secara administratif, pulau tersebut termasuk ke dalam Kecamatan Banda, Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia.

Potongan surga di pulau ini digambarkan oleh keunikan panorama alam, serta kondisi dan keadaan pulau tersebut. Pada tahun 2005 lalu, Pulau Gunung Api Banda ini disebut sudah berada di bawah pengawasan UNESCO, karena sudah menjadi salah satu situs peninggalan sejarah dunia.




Pulau Gunung Api Banda sudah dikenal di mata internasional saat Indonesia masih berada di tangan kolonialisme. Ketika itu, Pulau Gunung Api Banda menjadi salah satu primadona bagi mereka. Hal ini dikarenakan Pulau Gunung Api Banda dengan kondisi tanah vulkanik membuat tanaman rempah tumbuh subur dan mempunyai kualitas terbaik di kelasnya.

Tahun 1988 letusan terakhir Gunung Api Banda. Saat itu, langit di seluruh Kepulauan Banda diselimuti awan panas dan tebal. Letusan ini juga mengakibatkan kerusakan parah di ekosistem bawah lautnya.

Banyak terumbu karang dan berbagai jenis biota laut lainnya yang hancur karena letusan tersebut. Namun, uniknya, justru setelah letusan tersebut, pertumbuhan dan perkembangbiakan ekosistem bawah laut Pulau Gunung Api Banda menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Walau terbilang gunung api tersebut masih aktif karena statusnya, tetapi belum ada aktivitas gunung api yang harus membuat masyarakat setempat waspada. Pulau Gunung Api Banda ini juga dilengkapi keindahannya dengan bangunan-bangunan benteng tua peninggalan para kolonialis.

Sekarang ini ada sekitar 120 lebih jenis terumbu karang yang hidup sehat dan cantik di Pulau Gunung Api Banda. Keindahan terumbu karang di sini sudah tidak bisa diragukan lagi. Banyak sudah yang mengakui keindahannya.

Keindahan alam bawah laut Pulau Gunung Api Banda telah pula sampai mancanegara. Salah satu spot snorkeling, diving dan scuba diving yang terkenal di Pulau Gunung Api Banda adalah Lava Flow. Di sini, kamu akan melihat berbagai terumbu karang dan biota laut lainnya endemik Indonesia Bagian Timur, yang mungkin tidak bisa kamu temukan di tempat lainnya. (WS.IN/*)


loading...

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).