Gunakan Tool Ini Untuk Mengukur Kecepatan, Analisa dan Performa Website

 


INDEPHEDIA.com - Salah satu hal yang perlu dilakukan ketika website sudah mulai dipublikasikan adalah menganalisa bagaimana performa website dari berbagai lokasi, perangkat, web browser dan resolusi. Menjadi sebuah tantangan untuk membuat website sangat cepat, tidak semua orang memiliki koneksi internet yang kencang, terutama bagi pengguna mobile.

Di tahun 2015 lalu, Google mengumumkan algoritma pencariannya dengan lebih menekankan sebuah website harus mobile friendly. Dengan kata lain, website yang secara tampilan sudah mendukung mobile friendly maka akan lebih diprioritaskan muncul lebih awal.

Berlanjut tahun 2016, secara lebih intens Google menyarankan para web developer untuk mengoptimalkan websitenya untuk perangkat mobile. Karena dengan dukungan smartphone, pengguna mobile sudah lebih banyak mengakses internet dibandingkan dengan desktop. Berikut ini beberapa tool yang bisa Anda gunakan untuk menganalisa dan meningkatkan performa website.

Lighthouse
Secara default, tool ini sudah ada di web browser Chrome. Cara menggunakannya sangat mudah, tinggal masuk ke devtools dengan klik kanan inspect element atau ctrl + shift + i. Kemudian pilih tab audits, dan klik perform an audits. Akan muncul 5 kategori audit, bisa Anda pilih semua atau beberapa. Tool ini sangat menekankan bahwa website Anda harus menggunakan https, mobile friendly, service worker dan cepat diakses dengan koneksi internet 3G.

WebPageTest
Dengan menggunakan tool ini, kita bisa mengakses situs dari berbagai tempat dan menggunakan berbagai web browser. Misal kita mencoba mengakses situs dari San Francisco, CA dan pilihan web browser Chrome.

Hasil laporannya akan menampilkan bagaimana situs kita dibuka di sana, mulai dari berapa lama respon dari server, kapan halaman mulai dirender, urutan resource yang dimuat, hingga waktu keseluruhan ketika halaman selesai dimuat. Bahkan, kita bisa melihat video bagaimana halaman dimuat sampai akhir. Pasti banyak saran dari tool yang mesti kita lakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Untuk mengetahuinya, buka WebPageTest: Https://Www.Webpagetest.Org/

PageSpeed Insights
Tool dari Google ini sangat simple, tinggal masukkan alamat website kemudian akan dianalisa. Laporan yang dihasilkan juga sangat mudah dipahami, lengkap dengan score baik untuk mobile maupun desktop. Tentunya akan muncul saran-saran untuk meningkatkan kecepatan website Anda. Untuk mengetahuinya, buka PageSpeed Insights: Https://Developers.Google.Com/Speed/Pagespeed/Insights/

GTmetrix
GTmetrix agak mirip dengan WebPageTest, hal ini tidak lepas dari penggunaan WebPageTest untuk menghasilkan score di tool ini. Website Anda akan dianalisa secara keseluruhan, termasuk resource dari third party hingga gambar yang akan Anda pakai. Usahakan mendapatkan score 100 untuk setiap rekomendasi, tool ini sangat sensitif bahkan untuk menganalisa script yang di minify. Untuk mengetahuinya, buka GTmetrix: Https://Gtmetrix.Com. (SBB.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top