Analisa dan Mengukur Performa Website dengan Web Analitik

 


INDEPHEDIA.com - Untuk mengetahui bagaimana perilaku pengguna dan meningkatkan performa website Anda, salah satunya dengan Web Analytics (Analitik). 

Pengertian web analitik adalah proses menganalisis perilaku pengunjung ke situs web.

Dengan menggunakan web analitik akan memungkinkan pelaku bisnis untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Selain itu, pelaku bisnis juga dapat mempertahankan atau menarik pelanggan baru untuk barang atau jasa yang ditawarkan.

Web analitik (tool) mengukur aktivitas dan perilaku pengguna di situs web Anda, misalnya berapa banyak pengguna yang berkunjung dan berapa lama mereka menggunakan web.

Kemudian, berapa banyak halaman yang mereka kunjungi, halaman mana yang mereka kunjungi, dan apakah mereka datang dengan mengikuti tautan atau tidak.

Cara Kerja Web Analitik


Sebagian besar alat (tool) web analitik akan menambahkan kode biasanya dalam JavaScript pada halaman. 

Dengan menggunakan kode ini, alat web analitik akan menghitung setiap kali halaman mendapat pengunjung atau klik pada tautan.

Kode ini juga dapat mengumpulkan informasi lain seperti perangkat, browser, dan lokasi geografis (melalui alamat IP). 

Selain itu, layanan web analitik web biasanya juga menggunakan cookie untuk melacak setiap sesi dan untuk menentukan kunjungan berulang dari browser yang sama.

Mengapa Web Analitik Penting?

Web analitik memberikan informasi berupa data yang dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung situs web. 

Dengan memahami perilaku pengguna kita bisa mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan konversi sesuai dengan yang diinginkan. 

Misalnya, web analitik bisa menampilkan halaman paling populer di situs web Anda, kemudian Anda bisa menambahkan link untuk berbelanja di halaman ini.

Berikut ini beberapa Web Analytics Tool yang populer digunakan:

Google Analytics

Google Analytics adalah salah satu alat web analitik gratis yang dapat digunakan oleh pemilik situs web mana pun untuk melacak dan menganalisis data tentang lalu lintas web. 

Anda bisa melihat kata kunci apa yang membawa pengunjung terbanyak ke halaman Anda. 

Alat ini akan menghasilkan laporan yang mencakup informasi tentang pengunjung, sumber lalu lintas, tujuan, konten, dan e-commerce.

Spring Metrics


Spring Metrics merupakan alat web analitik yang sederhana. Anda mendapatkan data analitik dan konversi secara realtime. 

Di samping itu, terdapat pula layanan untuk mendapatkan sumber konversi terbaik, analisis kata kunci, analisis halaman arahan dan laporan kinerja email.

Kissmetrics

Kissmetrics adalah alat web analitik yang memungkinkan Anda untuk melacak pergerakan pengunjung individu di seluruh halaman web. 

Anda dapat melihat bagaimana perilaku berubah dari waktu ke waktu, mengidentifikasi pola, dan melihat rujukan paling umum dan terkini, di antara statistik lainnya.

Crazy Egg


Crazy Egg menggunakan kekuatan teknologi Heatmap untuk memberikan Anda gambaran visual tentang apa yang dilakukan pengunjung situs di halaman Web Anda. 

Alat ini menunjukkan kepada Anda di mana orang menggerakkan mouse mereka pada halaman dan di mana mereka mengklik. Alat ini tidak gratis, ada beberapa paket harga yang ditawarkan.

Woopra

Woopra adalah alat web analitik yang menawarkan pelacakan analitik secara realtime. 

Woopra berupa aplikasi yang memberi Anda statistik pengunjung langsung, termasuk di mana mereka tinggal.

Kemudian, halaman apa yang sedang mereka kunjungi sekarang, di mana mereka berada di situs Anda dan browser yang digunakan.

Anda juga memiliki kemampuan untuk mengobrol langsung dengan setiap pengunjung situs. 

Ini bisa menjadi fitur hebat bagi situs e-commerce Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan. 

Untuk bisnis Anda, Woopra menawarkan paket gratis secara terbatas serta beberapa opsi berbayar. (SBB.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top