-->
Alam dan Kita
Alam dan Kita

Daftar Nama Dewa-Dewi dalam Mitologi Yunani

 
Dewa-dewi ini kadang-kadang membantu manusia, dan bahkan menjalin hubungan cinta dengan manusia yang menghasilkan anak, yang merupakan setengah manusia setengah dewa. Anak-anak itulah yang kemudian dikenal sebagai pahlawan.



INDEPHEDIA.com - Dalam mitologi Yunani terdapat banyak dewa dan dewi sebagai tokoh yang mempunyai karakteristik tersendiri. 

Karena itu, para dewa juga memiliki nama-nama gelar untuk tiap karakternya, yang mungkin lebih dari satu. 

Dewa-dewi ini kadang-kadang membantu manusia, dan bahkan menjalin hubungan cinta dengan manusia. 

Hubungan mereka menghasilkan anak, yang merupakan setengah manusia setengah dewa. Anak-anak itulah yang kemudian dikenal sebagai pahlawan.

Berikut ini Indephedia.com rangkum daftar beberapa nama-nama dewa dan dewi dalam mitologi Yunani yang sudah cukup dikenal. 

Sejumlah nama-nama dewa dan dewi dalam mitologi Yunani itu, di antaranya:

Zeus

Zeus merupakan raja para dewa, penguasa Olimpus dan dewa langit, cuaca, petir, hukum dan takdir. 

Dia adalah anak termuda dari Kronos dan Rhea, yang dia kalahkan. Dia adalah adik dan suami Hera. 

Dalam seni, dia digambarkan sebagai pria dewasa berjenggot dan berbadan kuat. Simbolnya adalah petir, tongkat kerajaan dan burung elang.

Hera

Hera ratu para dewa dan merupakan dewi pernikahan, wanita, kelahiran, pewaris, raja dan kerajaan. 

Dia adalah anak Kronos dan Rhea dan kakak perempuan Zeus. Dia biasanya digambarkan sebagai wanita cantik memakai mahkota dan memegang tongkat berujung lotus. 

Simbol dewi putri Kronos dan Rhea ini adalah mahkota, tongkat lotus, merak, kakatua, burung kukuk dan buah delima.

Hades

Hades raja dunia bawah dan dewa kematian, orang mati, dan harta dalam bumi. Istrinya adalah Persefon dan simbolnya adalah kunci Hades, helm kegelapan dan Kerberos. 

Walaupun merupakan putra Kronos dan Rhea dan kakak Zeus, dia jarang dimasukkan dalam kelompok dewa Olimpus.

Poseidon

Poseidon dewa laut, sungai, banjir, kekeringan, gempa bumi, dan kuda; dikenal sebagi "Pengguncang Bumi" atau "Pembawa Badai'". 

Dia adalah anak Kronos dan Rhea dan kakak Zeus dan Hades. Dalam seni klasik, dia digambarkan sebagai pria dewasa berjenggot dengan badan kuat dan memegang trisula. 

Simbol Poseidon, kakak Zeus dan Hades putra Kronos dan Rhea ini adalah trisula, lumba-lumba dan kuda.

Hefaistos

Hefaistos dewa api, pandai besi, seni patung, dan gunung berapi. Dia adalah dewa yang pincang, putra Hera melalui partenogenesis, Dia adalah suami Afrodit. 

Dia biasanya digambarkan sebagai pria berjenggot yang memegang palu dan alat-alat pandai besi. Simbolnya palu, pelengkung dan besi landasan.

Afrodit

Afrodit dewi cinta, nafsu, kecantikan, bujukan, dan kesenangan. Meskipun dinikahkan dengan Hephaestus dia memiliki banyak kekasih, terutama Ares. 

Dia digambarkan sebagai wanita cantik yang biasanya ditemani oleh anaknya, Eros. Lambangnya adalah burung dara, apel, kulit kerang dan rangkaian murad.

Hermes

Hermes dewa perjalanan, pembawa pesan, perdagangan, pencurian, tipuan, bahasa, tulisan, diplomasi, atletik dan peternakan. 

Dia adalah pembawa pesan para dewa, pemandu yang memandu roh orang mati menuju dunia bawah, dan merupakan putra Zeus dan Maia. 

Dia digambarkan sebagai pemuda tampan dan atletis atau sebagai pria tua berjenggot. Atributnya meliputi tongkat Kadukeus, sandal bersayap, dan topi pelancong.

Apollo

Apollo dewa musik, penyembuhan, wabah, ramalan, puisi, dan panahan; diasosiasikan dengan cahaya, kebenaran dan matahari. 

Dia adalah saudara laki-laki Artemis, dan putra Zeus dan Leto. Dia digambarkan sebagai pemuda tampan dengan rambut panjang. 

Apollo simbolnya membawa banyak benda termasuk rangkaian laurel, busur panah, gagak dan lira.

Ares

Ares dewa perang, nafsu haus darah, kekejaman, kejantanan. Dia merupakan putra Zeus dan Hera.

Wujud Ares digambarkan sebagai orang dewasa memakai baju perang, atau pria telanjang dengan helm dan tomba. 

Perlengkapannya, antara lain baju perang emas dan tombak berujung perunggu. Hewan keramatnya burung hantu, burung hering dan ular berbisa.

Hestia

Dewi perapian, rumah, dan memasak. Dia anak Kronos dan Rhea dan saudara perempuan Zeus. Dia adalah dewi perawan. 

Hestia digambarkan sebagai wanita berkerudung dan simbolnya adalah perapian dan ketel. 

Dalam beberapa versi mengenai mitologi kehidupannya, Hestia menyerahkan tempatnya di Olimpus pada Dionisos.

Artemis

Artemis dewi perburuan, alam liar, hewan liar, kelahiran dan wabah. Dia diasosiasikan dengan bulan. Dia adalah anak Zeus dan Leto, dan saudara perempuan Apollo. 

Dalam seni, dia biasanya digambarkan sebagai wanita muda membawa busur dan anak panah. 

Selain panah, perlengkapannya juga adalah tombak berburu, kulit hewan, rusa dan hewan liar lainnya. Dia adalah dewi perawan.

Athena

Athena merupakan dewi kebijaksanaan, perang, strategi, usaha, kerajinan tangan dan akal pikiran. 

Anak Zeus dan Metis ini, dilahirkan dari kepala Zeus sebagai wanita dewasa dengan pakaian perang. 

Dia digambarkan memakai helam bersabit, membawa tombak dan perisai aegis. Simbolnya adalah aegis, burung hantu dan pohon zaitun. Dia adalah dewi perawan.

Demeter

Demeter dewi kesuburan, pertanian, perkebunan dan panen. Demeter adalah anak Kronos dan Rhea dan saudara perempuan Zeus, yang darinya dia melahirkan Persefon. 

Dia digambarkan sebagai wanita dewasa bermahkota yang membawa seikat gandum dan obor. Simbolnya adalah Kornukopia, ular bersayap dan tongkat lotus.

Dionisos

Dionisos dewa anggur, pesta dan festival, kegilaan, mabuk dan kesenangan. Dia digambarkan dalam seni sebagai pria tua berjenggot atau pemuda berambut panjang. 

Simbolnya adalahe thyrsus (tongkat berujung cemara), gelas minum, tanaman anggur dan mahkota Hedera. Dalam beberapa versi, dia menggantikan Hestia. (IN/DD/AS)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top