Alam dan Kita
Alam dan Kita

Sejarah, Cara Kerja dan Daftar Wise, Layanan Pengiriman Uang ke Luar Negeri

 
Sumber Foto: Iphedia.com

Anda dapat membuka akun Wise untuk menabung, menukar, membayar, menerima, dan mentransfer banyak mata uang berbeda dengan biaya paling murah.

INDEPHEDIA.com - Perkembangan internet yang semakin maju makin mempermudah penggunanya di seluruh dunia. 

Tak hanya untuk mencari informasi, hiburan, bisnis dan lainnya, dari internet juga tersedia layanan online pengiriman uang antar negara.

Saat ini, ada sejumlah layanan pengiriman uang ke luar negeri melalui online, seperti Paypal, Western Union, Payoneer dan lainnya.

Di antara layanan tersebut, cara gampang dan mudah ini mengirim uang ke luar negeri, salah satunya melalui Wise. 

Dengan Wise, Anda akan diberikan pelayanan dan kemudahan dengan nilai tukar mata uang yang riil.

Penerima mendapatkan uang dalam mata uang mereka langsung dari rekening bank lokal Wise.

Apa Itu Wise?

Wise yang sebelumnya bernama Transferwise, merupakan layanan transfer uang secara online ke luar negeri dengan biaya rendah dan mendaftar akunnya gratis.

Layanan ini bisa diakses lewat aplikasi smartphone berbasis Android, iOS dan via website, yang sudah tersedia pula dalam versi bahasa Indonesia.

Dengan Wise Transferwise, Anda bisa menghemat banyak uang ketika mengirim uang ke luar negeri dibandingkan bank konvesional yang Anda miliki sekarang.

Dengan membuka rekening Wise, Anda dapat mengirim uang dari luar negeri lebih murah 8 kali daripada bank.

Melalui Wise, Anda akan mendapatkan rekening multi currency hingga 28 mata uang asing, nilai tukar kurs terbaik dan tidak ada biaya tersembunyi.

Sejarah Pendirian Wise

Wise perusahaan teknologi keuangan berbasis di London, Inggris, yang didirikan oleh pengusaha Estonia, Kristo Käärmann, dan Taavet Hinrikus pada Januari 2011.

Pendiri Wise, Kristo Käärmann juga merupakan konsultan keuangan dan Taavet Hinrikus, karyawan pertama Skype. Pada tahun pertama operasinya, transaksi melalui Wise berjumlah €10 juta. 

Pada tahun 2012, Wise dinobatkan sebagai salah satu dari 20 startup teknologi terpopuler di London Timur oleh The Guardian. 

TechCrunch, memasukkan Wise ke daftar Startups.co.uk dari 100 perusahaan rintisan Inggris tahun 2012.

Pada April 2013, Wise berhenti mengizinkan pengguna membeli Bitcoin, dengan alasan tekanan dari penyedia perbankan.

Situs perbandingan independen Monito mengungkapkan bahwa Wise rata-rata 83% lebih murah daripada empat bank besar Inggris. 

Pada Mei 2015, Wise menduduki peringkat No. 8 dalam daftar 50 Disruptor 2015 CNBC, dan pada Agustus 2015, perusahaan tersebut dinobatkan sebagai Pelopor Teknologi Forum Ekonomi Dunia.

Pada 21 Januari 2021, Sky News melaporkan Wise telah menunjuk Goldman Sachs dan Morgan Stanley sebagai koordinator global bersama untuk penawaran umum perdana yang direncanakan. 

Pada 22 Februari 2021, perusahaan berganti nama dari TransferWise menjadi Wise. Sebagai bagian dari rebranding ini, perusahaan juga meluncurkan domain situs web baru. 

Perusahaan berganti nama untuk mencerminkan penawaran produknya yang diperluas di luar transfer uang internasional.

Transferwise Indonesia

Di Indonesia saat ini telah ada Wise atau Transferwise. Transferwise Indonesia telah memiliki lebih dari 2.400 karyawan, 17 kantor, dan lebih dari 10 juta pengguna aktif di 59 negara, termasuk Indonesia.

Setiap warga negara Indonesia dapat membuka akun Wise untuk menabung, menukar, membayar, menerima, dan mentransfer banyak mata uang berbeda dengan biaya paling murah.

Money Transferwise terdiri dari tiga layanan utama, antara lain transfer uang ke luar negeri dan tukar mata uang asing dengan nilai kurs terbaik.

Kemudian, buka akun gratis dan tabung lebih dari 55 mata uang asing berbeda. Pengguna juga dapatkan kartu debit Wise MasterCard yang dapat digunakan di seluruh dunia.

Cara Daftar Transferwise

Cara daftar Transferwise, klik tombol “Daftar Sekarang”. Kemudian, Anda akan diarahkan mendaftar online di situs Wise.com dalam beberapa menit.

Setelah masuk, lengkapi data diri, seperti alamat email dan kata sandi yang diinginkan. Pengguna bisa memilih “kirim uang (send money)” atau “tambah uang (add money)”.

Jika memilih “send money”, maka masukkan jumlah dan mata uang yang ingin Anda transfer. Masukkan data Anda dan data penerima yang diperlukan dan konfirmasikan transfer. 

Dalam hal ini, transfer hanya memakan waktu satu hari kerja. Sebagai aturan, semua transfer Wise diproses dalam 1-3 hari kerja.

Selain itu, Anda juga dapat mentransfer uang ke akun valas menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

Jika pilih “add money”, maka Anda dapat memilih rekening yang diinginkan, seperti Euro, USD, British Pound, dan lain-lain. 

Anda juga dapat memasukkan jumlah langsung dalam mata uang asing (Contoh: IDR). Ini secara otomatis ditukar ke rupiah.

Jika memiliki kartu kredit atau rekening tabungan, Anda dapat menghubungkan kartu kredit dengan akun Transferwise untuk mengisi rekening Transferwise Anda.

Anda juga dapat mengirimkan uang lewat rekening bank atau kartu debit bank yang berlogo Visa atau Mastercard. 

Namun, tidak semua kartu debit bank bisa mengirim uang ke Wise. Jadi, sebisa mungkin lakukan tes terlebih dahulu. Kalau gagal, Anda bisa menggunakan kartu kredit.

Untuk lebih lengkapnya mengenai Wise atau Transferwise ini, Anda bisa mengunjungi website Wise.com. (SBB/IND)
Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top