Jalur Kereta Api Pertama di Indonesia, Disini Lokasinya

 


INDEPHEDIA.com - Selain kendaraan mobil dan motor, saat ini banyak masyarakat pengguna angkutan umum yang menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi darat.

Menilik perkembangannya, sejarah perkeretaapian di Indonesia memiliki perjalanan yang panjang. 

Dibangunnya jalur kereta api di Nusantara bermula setelah adanya Tanam Paksa yang diberlakukan oleh van den Bosch tahun 1825-1830. 

Ide tentang perkeretaapian Indonesia diajukan dengan tujuan untuk mengangkut hasil bumi dari Sistem Tanam Paksa tersebut.

Salah satu alasan yang mendukung ketersediaanya kereta api disebabkan tidak optimalnya lagi penggunaan jalan raya ketika itu. 

Akhirnya, pada 1840, Kolonel J.H.R. Carel Van der Wijck mengajukan rencana pembangunan jalur kereta api di Hindia Belanda.

Atas permintaan Raja Willem I untuk keperluan militer di Semarang maupun hasil bumi ke Gudang Semarang, kereta api pertama di Indonesia dibangun tahun 1867 di Semarang.

Jalur kereta api pertama di Indonesia oleh NISM, N.V. (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij) ini menempuh rute Semarang - Tanggung yang berjarak 26 km dengan lebar jalur 1.435 mm. 

Sementara, lebar jalur SS - Staatsspoorwegen yang dibangun NISM itu adalah 1.067 mm atau yang sekarang digunakan. 

Saat ini, Semarang lokasi jalur kereta api pertama di Indonesia tersebut merupakan kota yang juga ibukota Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan salah satu kota terbesar di Tanah Air. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top