Kerajaan-kerajaan di Bengkulu

 
Benteng Marlborough di Bengkulu. (Sumber Foto: Satujuang)

INDEPHEDIA.com - Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera, dengan ibu kota provinsi di Kota Bengkulu.   

Provinsi Indonesia ke-26 ini adalah provinsi terkecil urutan pertama di daratan Pulau Sumatera dan provinsi terkecil urutan kesepuluh di Indonesia.

Dulu, di wilayah Provinsi Bengkulu pernah berdiri kerajaan-kerajaan berdasarkan etnis, seperti Kerajaan Sungai Serut dan Kerajaan Selebar. 

Kemudian, Kerajaan Patpetulai, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung dan Kerajaan Marau Riang. 

Di bawah Kesultanan Banten kerajaan-kerajaan itu menjadi vazal, yakni menjalin hubungan dengan monarki yang berkuasa.

Vazal atau vasal biasanya dalam bentuk dukungan militer, perlindungan bersama, atau pemberian upeti, dan menerima jaminan dan imbalan tertentu sebagai gantinya. 

Semenjak abad ke-17 Masehi sebagian wilayah Bengkulu juga pernah berada di bawah kekuasaan Indera Pura, sebuah kerajaan yang berada di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat sekarang. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top