Ini Dia 3 Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia

 
Candi Kerajaan Hindu di Indonesia


INDEPHEDIA.com - Melalui para pedagang dari India, agama Hindu mulai dikenal oleh masyarakat pribumi di Tanah Air. Ajaran Hindu semakin lama semakin kuat dan mulailah bermunculan kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia.

Kerajaan Kutai

Kerajaan Hindu tertua di Indonesia, yaitu Kerajaan Kutai, terletak di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Di sekitar lokasi tersebut ditemukan tujuh buah batu tulis (Yupa) yang ditulis dengan huruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta berasal dari tahun 400 M (abad ke-4).

Prasasti Yupa merupakan prasasti tertua yang menyatakan telah berdirinya suatu kerajaan Hindu tertua, yaitu Kerajaan Kutai. Dari prasasti tersebut didapat informasi bahwa Kerajaan Kutai didirikan oleh Kudungga yang kemudian dilanjutkan oleh anaknya Aswawarman dan mencapai puncak kejayaan pada masa Mulawarman (Anak Aswawarman).

Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Terumanagara merupakan salah satu kerajaan Hindu tertua di Indonesia setelah Kerajaan Kutai. Kerajaan Tarumanagara merupakan kerajaan yang berkuasa di wilayah barat Pulau Jawa pada abad ke-4 hingga abad ke-7 Masehi.

Pada masa pemerintahan Purnawarman berhasil memperluas daerah kekuasaannya dengan menaklukkan kerajaan-kerajaan yang berada di sekitarnya. 


Selain itu, Raja Purnawarman juga menyusun pustaka yang berisi undang-undang tentang kerajaan, peraturan angkatan perang, siasat perang serta silsilah dinasti Warman. Raja Purnawarman juga dikenal sebagai raja yang kuat dan bijak kepada rakyatnya.

Kerajaan Kediri

Kerajaan Hindu tertua di Indonesia selanjutnya adalah kerajaan Kediri yang terletak di tepi sungai Brantas, Jawa Timur. Kerajaan Kediri berdiri pada abad ke-12 dan merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno. Raja pertamanya bernama Shri Jayawarsa Digjaya Shastraprabu atau dikenal sebagai titisan Wisnu. 


Pada awalnya kerajaan Kediri diperintah oleh raja Airlangga yang membagi kerajaan menjadi dua bagian, yakni Jenggala (Kahuripan) dan Panjalu (Kediri) supaya tidak ada pertikaian.

Berdasarkan informasi di atas dapat disimpulkan bahwa Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu paling tua yang berdiri di Indonesia. Sedangkan, Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan hindu tertua di Pulau Jawa. (*)


Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top