Ini Dia 5 Kota Lokasi Destinasi Wisata Unggulan di Pulau Sumatera yang Wajib Dikunjungi

 
Pulau Lengkuas, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Lokasi wisata unggulan yang ada di Pulau Sumatera ini merupakan 5 dari 18 destinasi wisata unggulan di Indonesia.

INDEPHEDIA.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI tahun 2018 lalu mempersiapkan 5 destinasi wisata unggulan di Pulau Sumatera yang layak untuk dikunjungi dan nikmati keindahannya. 

Meski tahun berganti, hal itu tidak berlaku surut. Tempat-tempat wisata tersebut masih tetap indah dan menarik untuk dikunjungi.

Kelima lokasi itu, yakni Palembang, Sumatera Selatan, yang sudah menjadi tuan rumah Asian Games bersama-sama dengan Kota Jakarta.

Kemudian, Danau Toba yang ada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Batam Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung dan Padang Sumatera Barat (Sumbar).

Lokasi wisata unggulan yang ada di Pulau Sumatera ini merupakan 5 dari 18 destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Lokasi wisata unggulan ini juga bagian dari program Visit Indonesia Wonderful Indonesia (VIWI) 2018 yang dicanangkan Kemenpar untuk mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara ke Nusantara.

1. Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel)

Kota Palembang sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Selatan salah satu destinasi wisata unggulan di Pulau Sumatera yang wajib untuk dikunjungi. 

Di kota yang juga dikenal dengan sebutan "Kota Empek-empek" ini banyak memiliki tempat-tempat wisata menarik untuk dinikmati.

Kota yang terbentang di jajaran kaki Bukit Barisan ini memiliki tempat tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik itu wisata alam, wisata sejarah maupun wisata budayanya. 

Sumatera Selatan memiliki objek wisata, berupa gunung-gunung dengan flora dan fauna yang beragam. 

Di Kota Palembang, Anda dapat berkeliling mengunjungi Sungai Musi, Jembatan Ampera dan Pulau Kemaro.

Kemudian, Anda juga bisa kerkunjung ke Danau Ranau yang terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Kota Pagaralam untuk menyaksikan ragam tradisi serta budaya yang unik dan menarik.

Panorama air terjun terdapat di Kabupaten Muara Enim dan Lahat. Wisata budayanya meliputi Bukit Serelo, Gunung Dempo, Rumah Limas dan lainnya. 

Wisata sejarahnya, antara lain Situs Sriwijaya berupa batu purbakala, patung kuno dan museum di Palembang, Kompleks Pemakaman di Bukit Siguntang serta Benteng Kuto Besak.

Selain memiliki banyak tempat wisata menarik, Palembang juga didukung fasilitas penginapan bertaraf internasional, seperti hotel, villa, restoran dan fasilitas pendukung wisata lainnya.

2. Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel)

Destinasi Wisata unggulan Pulau Sumatera selanjutnya yang dapat Anda kunjungi Kepulauan Belitung, Provinsi Bangka Belitung, atau tepatnya berada di lepas pantai timur Pulau Sumatera.

Belitung sebagai wilayah kepulauan memiliki banyak tempat wisata unggulan untuk dikunjungi.

Terutama, pantai-pantainya yang unik dan indah mempesona serta objek wisata sejarah dan acara adat khas Belitung.

Pulau Belitung, pulau yang indah yang memiliki pemandangan unik dengan pantai berpasir putih bersih. 

Pantai di Pulau Belitung ini dihiasi batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal yang dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil. 

Salah satu pantai terbaik di Belitung, antara lain Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi dan juga Pantai Lengkuas. 

Selain  memiliki Tempat Wisata Bahri yang memukau, Belitung juga memiliki Batu Mentas yang berada di kaki Gunung Tajam. 

Tempat yang dikenal dengan Batu Mentas ini memiliki potensi luar biasa sebagai sebuah destinasi wisata terpadu.

Keindahan alamnya ini, berupa sungainya yang jernih maupun hutannya yang masih lebat serta keunikan flora dan faunanya yang terancam punah, seperti Pelanduk, Burung Siaw dan Tupas Kelaras. 

Keunikan seni budaya tradisionalnya dan keahlian masyarakatnya dalam membuat kerajinan anyaman serta rotan adalah hal-hal yang juga dapat Anda kunjungi dan nikmati selama berlibur ke Belitung. 

Berbagai fasilitas di Batu Mentas sekarang ini, yaitu Outbond Area, Penangkaran Tarsius Bancanus Saltator dan Pemandian alam natural. 

Selain itu, ada pula Wisata Tubing, Jungle Trekking, Restoran dengan konsep makan "Bedulang" dan Penginapan Safari Trend dan Tree House.

Selain itu, Kepulauan Belitung juga telah difasilitasi dengan berbagai jasa akomodasi atau perhotelan, restoran dan lain-lain. 

Pada tahun 2013 saja, di Kepulauan Belitung tercatat terdapat 28 hotel dan losmen dengan 1.011 kamar tidur dan 1.365 tempat tidur.

3. Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut)

Sumatera Utara provinsi di Pulau Sumatera bagian utara yang memiliki banyak tempat wisata unik dan menarik untuk dikunjungi. 

Beberapa tempat wisata di Sumatera Utara telah dikenal luas hingga ke mancanegara dan banyak dikunjungi wisatawan, 

Tempat-tempat wisata itu, seperti Danau Toba dengan panorama alamnya yang indah dan Bukit Lawang dengan Orang Utan Sumatera-nya.

Kota Medan sendiri sebagai gerbang ke berbagai tujuan wisata di Pulau Sumatera, memiliki sejumlah tempat wisata menarik untuk didatangi.

Tempat wisata itu, seperti Istana Maimun dengan Masjid Raya dan Kolam Raja, Rumah Tjong A Fie dengan kawasan kesawan, dan bangunan-bangunan tua peninggalan masa penjajahan Belanda.

Danau Toba yang mempesona, membentang sepanjang 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer pada ketinggian 900 mpdl di atas Pegunungan Bukit Barisan. 

Danau yang indah ini dikelilingi oleh kawasan hutan nan hijau, sehingga menjadikan tempat tersebut sangat sejuk dan menyegarkan.

Danau seluas 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman 450 meter merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. 

Danau yang terbentuk dari letusan supervolcano Gunung Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu ini telah menjadi ikon pariwisata Sumatera Utara.

Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau bernama Pulau Samosir. Di pulau ini juga banyak terdapat tempat wisata menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata tersebut, seperti makam yang terbuat dari batu yang telah berusia sekitar 500 tahun dan desa-desa dengan rumah adat tradisional serta Kebudayaan Batak Toba yang unik dan masih terjaga.

4. Batam, Kepulauan Riau (Kepri)

Batam, Kepulauan Riau, juga salah satu destinasi wisata unggulan di Pulau Sumatera yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia. 

Kota Batam pernah menggelar tahun kunjungan wisata bertajuk Visit Batam 2010 - Experience it. 

Batam juga didukung oleh fasilitas hotel dan resort berstandart internasional serta aneka kegiatan wisata yang disusun dalam kalender kegiatan kepariwisataan Kota Batam. 

Pemerintah Kota Batam menjamin kenyamanan dan kepuasan wisatawan domestik dan mancanegara saat berkunjung ke daerah ini.

5. Padang, Sumatera Barat (Sumbar)

Kota Padang merupakan kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus sebagai ibukota dari Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. 

Kota ini pintu gerbang Pariwisata Indonesia di bagian barat Indonesia dari Samudra Hindia.

Padang yang terkenal dengan legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya ini memiliki sebuah museum yang terletak di pusat kota. 

Museum tersebut bernama Museum Adityawarman yang memiliki gaya arsitektur berbentuk Rumah Adat Minangkabau (Rumah Gadang).

Di kawasan Pelabuhan Muara banyak dijumpai beberapa bangunan peninggalan kolonial Belanda yang beberapa di antaranya ditetapkan sebagai cagar budaya.

Bangunan itu, seperti Masjid Muhammadan yang didirikan pada tahun 1843 dan Klenteng Kwan In yang didirikan pada tahun 1861.

Sementara, di kawasan Pelabuhan Teluk Bayur juga terdapat beberapa kawasan wisata unggulan Kota Padang.

Kawasan tersebut, seperti Pantai Air Manis, Pantai Caroline dan Pantai Bungus serta sebuah resort wisata berkelas internasional yang berada di Pulau Sikuai. 

Sedangkan, di kawasan Kecamatan Koto tengah, Kamu akan menjumpai Pantai Pasir Jambak dan Kawasan Wisata Alam Lubuk Minturun yang populer dengan tradisi Balimau.

Tak hanya keindahan alam, wisata sejarah dan budayanya, kota ini juga terkenal dengan masakannya yang lezat. 

Di Padang, Anda bisa menikmati kelezatan dari masakan Rendang, Gulai, Ayam Pop, Terung Balado, Gulai Itik Cabai Hijau, Nasi Kapau, Sate Padang dan juga Karupuak Sanjai. 

Pokoknya, soal masakan khas Indonesia, salah satunya Padang jagonya. Masakan Padang memang sudah tak diragukan lagi akan kelezatannya. (**)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top