Pantai Sumur Tujuh Koba, Destinasi Wisata Sejarah Peninggalan Belanda

 

Konon sumur tujuh peninggalan Belanda ini digunakan oleh pasukan Jepang untuk memproduksi garam saat zaman penjajahan dulu. 

INDEPHEDIA.com - Pantai Sumur Tujuh berada di Koba Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). 

Disebut Pantai Sumur Tujuh karena ada tujuh sumur bekas peninggalan Zaman Belanda di tempat itu.

Pantai yang berjarak sekitar tiga kilometer dari pusat kota ke arah timur ini ditetapkan oleh Pemkab Bangka Tengah sebagai salah satu destinasi wisata sejarah. 

Di pantai tersebut terdapat tujuh buah sumur yang berdiameter sama, yakni masing-masing sumur berukuran dua meter. 

Konon, sumur tujuh peninggalan Belanda ini digunakan oleh pasukan Jepang untuk memproduksi garam saat zaman penjajahan dulu.

Pantai ini hanya selemparan batu dari lokasi eks PT Koba Tin. Kondisi jalannya cukup baik, meski ratusan meter menuju pantai belum diaspal. Di sekitar jalan menuju pantai, suasana alami masih terjaga.

Di lokasi tersebut tampak pula kolong berisi air jernih yang menjadi tempat mandi favorit anak-anak di sekitar pantai. 

Pepohonan di tepi pantai menambah suasana nyaman untuk bersantai. Bagi yang butuh istirahat, ada beberapa pondok di sepanjang garis pantai.

Pantai Sumur Tujuh bisa masuk daftar sebagai destinasi liburan keluarga. 
Ada baiknya mengunjungi pantai ini saat pagi dan sore hari karena sinar matahari menambah indah Pantai Sumur Tujuh. (***)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top