-->

5 Objek Wisata di Ubud Bali yang Menarik dan Terkenal

 
Pasar Seni Ubud
Seni lukis, tari, ukir hingga anyaman adalah hal menarik di Ubud dan telah menjadi identitas tempat tersebut yang sebenarnya.

INDEPHEDIA.com - Dari sekian banyak objek wisata pantainya yang menarik dan romantis, Ubud Bali salah satu destinasi wisata yang berbeda dari sejumlah tempat wisata di Bali. 

Kawasan wisata Ubud Bali terkenal dengan seni, sejarah dan budayanya yang sangat mempesona. 

Destinasi wisata Ubud Bali juga salah satu tujuan wisata favorit bagi mereka para seniman. 

Di Ubud ini Anda akan banyak menjumpai para seniman dari Eropa, jadi tak hanya di kalangan domestik saja. 

Seni lukis, tari, ukir hingga anyaman adalah hal menarik di Ubud dan telah menjadi identitas tempat tersebut yang sebenarnya.

Di sinilah Anda bisa menggali berbagai sisi unik dan menarik dari tradisi dan budaya masyarakat Bali. 

Pertunjukan tari Kecak, Legong dan Barong bisa Ada saksikan di Ubud pada tiap minggunya. 

Selain itu, ada juga drama tari klasik Ramayana dan Mahabarata, wayang kulit khas Bali serta pertunjukan gamelan.

Apabila Anda berjalan-jalan mengelilingi Ubud, ada banyak galeri-galeri seni dan sentra kerajinan lokal khas Bali. 

Perasaan damai, persahabatan, keindahan alam berpadu dengan banyak jenis kesenian akan Anda temukan di Ubud.

Untuk Anda yang cinta akan seni, singgah dari satu galeri ke galeri lain untuk menikmati beragam karya dari seniman-seniman lokal adalah hal yang biasa dilakukan. 

Atau, Anda bisa juga mengunjungi pentas-pentas seni di sini untuk menikmati tarian tradisional Bali yang eksotis itu.

Berikut INDEPHEDIA.com kutip dan rangkum beberapa objek wisata Ubud yang menarik dan sudah terkenal untuk dikunjungi.

1. Pasar Seni Ubud

Sebenarnya Pasar Seni Ubud ini adalah pasar tradisional biasa yang lazim ditemui di berbagai tempat di Indonesia. 

Akan tetapi, saat waktu sudah mulai masuk tengah hari, di pasar ini Anda akan menemukan banyak kerajinan kesenian. 

Di Pasar Seni Ubud terdiri dari dua lantai, lokasinya di pusat Ubud, tepat berada di depan Puri Agung Ubud atau bangunan bekas kantor pemerintahan di masa Kerajaan Ubud zaman dulu.

2. Taman Wanara Wana

Diambil dari bahasa Sanskerta, yaitu Wanara yang artinya kera dan Wana artinya hutan. Para wisatawan mancanegara lebih mengenalnya dengan sebutan "Monkey Forest". 

Hutan kecil ini menjadi habitat para ratusan spesies kera di Ubud yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. 

Hewan kera di tempat ini secara umum jinak dan Anda pun bisa juga memberinya makanan. Kearifan masyarakat lokal menyebut hutan ini sebagai sebuah hutan yang sakral. 

Di kawasan hutan ini juga terdapat tiga pura kuno yang bisa Anda kunjungi, yaitu Pura Dalem Padangtegal, Pura Pemanduan Suci dan Nista Mandala. 

Hutan ini juga sebuah Makam Desa, yakni tempat di mana Anda bisa menyaksikan langsung upacara Ngaben yang menjadi ciri khas Pulau Bali. 

Anda dapat menemui prosesi lengkap upacara di pura maupun upacara pembakaran mayat (Ngaben) di kawasan wisata Ubud Bali yang satu ini.

3. Puri Agung Ubud

Berada tepat di tengah Ubud, tempat inilah yang menjadi pusat pemerintahan dari Kerajaan Ubud pada tempo dulu. 

Puri ini juga merupakan pusat kegiatan seni budaya dan adat yang selalu diselenggarakan di depan puri tersebut. Penataan ruang dan bangunan puri ini masih sama sebagaimana asal mulanya.

Anda bisa menikmati suguhan pertunjukan tari Bali di halaman depan Puri Agung Ubud, tepatnya pada sebuah area disebut Ancak Saji yang diadakan seminggu sekali. 

Tak hanya itu, Anda bisa menyaksikan berbagai kelompok seni musik di Ubud yang sedang berlatih di kawasan puri ini.

Di pasar ini, Anda bisa menemukan berbagai kios yang menjual barang khas kesenian Bali, mulai dari kain, baju, kerajinan tangan seperti aksesoris, tas, topi, pajangan dinding, souvenir, lukisan dan masih ada banyak lainnya. 

Pasar ini adalah salah satu tempat untuk membeli oleh-oleh khas Bali yang rekomendasi jika Anda terkunjung ke Ubud.

Ada hal yang menarik, di pasar ini, Anda bisa membeli berbagai souvenir khas Bali dan kerajinan lokal dengan harga yang jauh lebih murah dibanding tempat-tempat lainnya di Pulau Bali. 

Namun, Anda harus mempunyai kemampuan untuk tawar menawar harga agar barang yang ditawar sesuai dengan kesepakatan atau keinginan Anda.

4. Museum Puri Lukisan

Kawasan wisata Ubud Bali juga terkenal sebagai salah satu sentra karya lukis di Indonesia. Di sini, Anda akan menemukan banyak lukisan dan berbagai aliran seni lukis. 

Oleh karena itu, mengunjungi Museum Puri Lukisan di Ubud merupakan satu hal yang menarik untuk dilakukan bila Anda berkunjung ke Bali. 

Di museum Puri Lukisan ini, Anda bisa menyaksikan berbagai karya lukisan seniman lokal yang mampu mengundang decak kagum.

Museum yang telah berdiri sejak pertengahan tahun 1950-an ini banyak menyimpan koleksi terbaik lukisan dari berbagai sekolah seni di Pulau Dewata. 

Di museum ini juga Anda bisa mengetahui aliran seni di Bali yang pada awalnya bertransformasi dari corak tradisional hingga corak modern yang dipelopori oleh seniman lukis Ubud.

5. Menikmati Wisata Kopi Bali di Ubud

Tempat yang satu ini cukup populer di kalangan para wisatawan. Dibalut dengan konsep agrowisata, di tempat ini Anda tak hanya bisa bersantai sambil menikmati kopi di saung-saung yang telah tersedia, tapi juga bisa melihat proses pengolahan kopi dari awal.

Di sini, Anda bisa berkeliling kebun kopi untuk melihat berbagai jenis tanaman kopi. Anda juga bisa melihat hewan luwak dengan hasilnya kopi luwak di kawasan agrowisata ini. 

Selain diminum di tempat, Anda juga bisa membeli berbagai varian kopi yang dijual di sana untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. (WS/R-02)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top