Bali dan Yogyakarta Tempat Wisata Paling Diminati Wisatawan Kamboja

 
Tanah Lot, Bali
Kalau pergi ke Bangkok dan Singapura mereka sudah anggap biasa, tetapi kalau sampai ke Bali itu masih suatu kebanggaan.

KAMBOJA, INDEPHEDIA.com - Bali dan Yogyakarta merupakan tempat wisata yang paling banyak diminati wisatawan mancanegara asal Kamboja.

"Tempat wisata di Indonesia yang paling diminati oleh para wisatawan Kamboja adalah Bali dan Yogyakarta," ujar Duta Besar RI untuk Kamboja, Sudirman Haseng, di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (15/2/2019).

Menurutnya, khusus untuk berkunjung ke Bali ada beberapa agen perjalanan di Kamboja yang menyediakan jasa layanan sewa pesawat untuk rombongan wisatawan dari negara itu.

"Kalau pergi ke Bangkok dan Singapura itu mereka sudah dianggap biasa, bukan sesuatu yang harus dibanggakan, tetapi kalau sampai ke Bali itu masih suatu kebanggaan di sini," kata Dubes Sudirman Haseng.

Dikatakannya, walaupun terjadi peningkatan di tahun sebelumnya, masih ada satu kendala utama yang masih menghambat peningkatan jumlah wisatawan Kamboja ke Indonesia, yaitu tidak adanya jalur penerbangan langsung (direct flight) Indonesia-Kamboja.

Dari 10 negara ASEAN, hanya Indonesia dan Brunei Darussalam yang belum mempunyai penerbangan langsung dari dan ke Kamboja. "Sebenarnya kalau ada 'direct flight' bisa lebih meningkatkan jumlah wisatawan Kamboja ke Indonesia," saran Sudirman.

Tahun lalu, jumlah wisatawan Kamboja yang berkunjung ke Indonesia meningkat sekitar 45 persen. Pada 2017 kunjungan wisman asal Kamboja tercatat sebanyak 6.053 orang dan 2018 mencapai 8.819 orang. (WS/R-02/NY)
Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top