Indonesia Jaring Wisatawan Arab Saudi dengan Destinasi Favorit Wisman

 


Ada 16 industri pariwisata Indonesia yang akan bertemu dengan 50 buyers asal Jeddah, seperti travel agent hingga wholesalers.

JAKARTA, INDEPHEDIA.com - Untuk menjaring lebih banyak lagi wisatawan Arab Saudi ke Tanah Air, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata menggelar Sales Mission dan Influencer Gathering di Jeddah, Arab Saudi, pada 11-12 Februari 2019.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari partisipasi Kemenpar pada ajang Jeddah International Travel & Tourism Exhibition yang dilaksanakan pada 13-15 Februari 2019.

"Ada 16 industri pariwisata Indonesia yang akan bertemu dengan 50 buyers asal Jeddah, seperti travel agent hingga wholesalers," ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Nia Niscaya, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu malam (10/2/2019).

Ia mengatakan, pihaknya menerapkan strategi menggeser ke depan (shfting to the front) anggaran promosi pariwisata, yang salah satunya agenda Sales Mission dan Influencer Gathering itu.

Menurutnya, promosi di Arab Saudi perlu terus dilakukan karena wisman di kawasan itu memiliki potensi besar dan belum tergarap optimal. Apalagi, pada tahun lalu jumlah wisman Arab Saudi ke Indonesia sedikit menurun karena berbagai sebab di antaranya bencana alam di Tanah Air.

Pada 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisman dari wilayah Timur Tengah sebanyak 165.862 atau turun 0,15 persen dibanding pada 2017 yang mencapai 166.111 wisman.

"Kami menargetkan pada 2019 bisa mendatangkan setidaknya 200.000 wisman Arab Saudi berkunjung ke Indonesia," katanya.

Dalam ajang tersebut, kata Nia, akan dipromosikan berbagai destinasi favorit wisman di kawasan itu, di antaranya Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bali.

"Kami berharap ini bisa menjadi daya tarik wisman Arab Saudi ke Indonesia," ujarnya.

Wisman asal Arab Saudi, lanjut Nia, cenderung lebih menyukai destinasi wisata alam dengan pegunungan berudara sejuk, suasana tenang, dan fasilitas akomodasi berbintang lima.

"Jadi, kami promosikan dalam acara ini adalah destinasi favorit yang sudah cukup dikenal wisman Arab Saudi serta beberapa destinasi baru," jelasnya. (WS/R-03)
Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top