Pelestarian dan Objek Wisata Edukasi, Nelayan Bengkulu Tangkar Penyu Langka - INDEPHEDIA.com

Header Ads

Pelestarian dan Objek Wisata Edukasi, Nelayan Bengkulu Tangkar Penyu Langka


Penangkaran penyu tersebut nantinya bisa menjadi objek wisata edukasi bagi generasi muda, khususnya untuk mengenal hewan laut yang langka dan dilindungi.

BENGKULU, INDEPHEDIA.com - Sebanyak empat jenis penyu langka ditangkar nelayan di Provinsi Bengkulu dengan harapan sebagai pelestarian dan objek wisata edukasi di daerah ini.

“Awalnya kami mendapat bimbingan tentang hewan laut yang dilindungi, ternyata penyu termasuk salah satu hewan laut yang langka dan dilindungi,” ujar nelayan di Desa Pekik Nyaring Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, Zulkarnedi, di Pekik Nyaring, Kamis (14/2/2019).

Ia mengatakan, penangkaran penyu di penangkaran sederhana ini mulai ia bangun pada 2016 dengan dorongan untuk pelestarian. Sebab, selama ini masyarakat sekitar desa itu hanya mengetahui penyu sebagai hewan laut.

Diceritakannya, pada awalnya ia hanya menangkar satu jenis penyu, yakni penyu lekang (Lepidochelys olivacea), lalu ditemukan telur jenis penyu lainnya, seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu hijau (Chelonia mydas) serta terakhir jenis penyu belimbing (Dermochelys coriacea).

Penangkaran penyu sisik dan penyu hijau dimulai pada 2017 setelah ia mengamankan telur-telur penyu tersebut dari Pantai Pekik Nyaring dan sekitarnya. Selanjutnya, pada awal 2019 ia pun menangkar jenis penyu belimbing yang saat ini sedang dalam proses pengeraman.

Menurut Zulkarnedi, penangkaran penyu yang dilakukan sendiri itu merupakan bagian dari balas budi terhadap alam di mana selama ini nelayan hanya fokus mencari dan menangkap ikan.

“Nelayan di sini hanya tahunya menangkap ikan saja sehingga saya tergerak untuk membudidayakan hewan laut yang sudah langka ini,” ujarnya.

Sejak awal menangkar penyu, ia sudah melepasliarkan sebanyak 450 ekor anak penyu atau disebut tukik. Kini, ia mendapat dukungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kemudian dukungan dari mahasiswa pecinta alam yang mendukung untuk mengumpulkan donasi pelestarian penyu.

Ia berharap penangkaran penyu ini nantinya bisa menjadi objek wisata edukasi bagi generasi muda, khususnya untuk mengenal hewan laut yang langka dan dilindungi ini. (NS/R-01)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).