Halmahera Barat Gelar Festival Teluk Jailolo di Ternate

 
Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2019

TERNATE, INDEPHEDIA.com - Sebagai dukungan dalam program segitiga emas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, menggelar Festival Teluk Jailolo (FTJ) di Kota Ternate, yang berlangsung pada 24-29 Juni 2019. 

"Ternate, Tidore dan Jailolo, memiliki historis, khususnya memiliki sejarah tiga kesultanan dari empat kesultanan di Maluku Utara. Sehingga kami berkomitmen dalam mengembangkan sektor pariwisata, ekonomi dan sosial budaya," ujar Bupati Kabupaten Halbar, Dani Missy ,di Ternate, Minggu (7/4/2019).

Menurutnya, upaya perjuangan infrastruktur pariwisata di tiga daerah ini dapat memberikan kontribusi besar pada FTJ ke-11, komitmen kerja sama dukung segitiga emas melalui rekomendasi Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba.

FTJ merupakan promosi wisata dan masuk jajaran 100 wonderfull di Indonesia, tema pesona budaya kekayaan rempah, ritual sigofi ngolo (bersih laut), teater kuliner tujuh suku di Idamdehe khas makanan Halbar, jelajah Halbar bagi wisatawan ingin berpetualang ekspedisi burung bidadari, pesta tani, pranata adat, puncak persebahan teaterikal sasadu atas laut dan diramaikan kehadiran artis ibukota.

Festival Teluk Jailolo 2019 akan menyuguhkan kekhasan budaya tujuh suku asli di kabupaten itu, di antaranya Sahu, Tobaru, Loloda dan Gamkonora serta menampilkan berbagai budaya yang menjadi ciri khas masing-masing seperti ritual adat dan kesenian tradisional. (NW.IN/*)
Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top