Misteri Makam Arya Penangsang di Inderalaya Ogan Ilir - indephedia.com

Header Ads

Misteri Makam Arya Penangsang di Inderalaya Ogan Ilir



INDEPHEDIA.com - Ada hal menarik di Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Provinsi Sumatera Selatan, yaitu ditemukannya makam Ratu Sahibul atau Pangeran Arya Penangsang di daerah ini. Menurut cerita masyarakat Ogan dan Komering, Arya Penangsang tidak terbunuh di Tanah Jawa, tetapi mengungsi ke Pulau Sumatera, dan makamnya sekarang berada di Inderalaya, Ogan Ilir.

Arya Penangsang atau Arya Jipang atau Ji Pang Kang adalah Adipati Jipang yang memerintah pertengahan abad ke-15. Menurut Serat Kanda, Ayah dari Arya Penangsang adalah Surowiyoto atau Raden Kikin atau sering disebut juga sebagai Pangeran Sekar, putra Raden Patah raja Demak pertama.

Arya Penangsang diperkirakan hijrah dari Kadipaten Jipang sekitar tahun 1549 Masehi, singgah di Kerajaan Banten, lalu menuju Skala Brak (Lampung) dan melanjutkan perjalanan serta sempat menetap di Desa Tanjung Kemala (Abung di Lampung).

Dari Lampung, ia bersama pengikutnya sampai di Ogan Komering Ulu (OKU) dan sempat menetap cukup lama di Desa Surabaya Nikan dan membuat perkampuangan yang dikenal dengan nama Desa Gunung Batu. Anak keturunan Arya Penangsang, banyak berada di wilayah ini.

Perjalanan Arya Penangsang kemudian berlanjut ke Inderalaya (daerah Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan sekarang) dan di wilayah inilah Arya Penangsang wafat pada tahun 1611 Masehi.

Di daerah Ogan Ilir, nama Arya Penangsang lebih dikenal dengan nama Sariman Raden Kuning. Di sekitar makamnya, terdapat juga makam puterinya bernama Siti Rukiah yang wafat saat masih remaja karena sakit. (SJ.IN/*)

No comments