-->

Pesta Kesenian Bali Dimeriahkan 38 Lomba Seni

 



DENPASAR, INDEPHEDIA.com - Pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 dimeriahkan sebanyak 38 lomba seni,  berlangsung selama sebulan penuh, 15 Juni-13 Juli 2019 di Taman Budaya, Denpasar, Bali.

"PKB tahun ini lebih banyak lomba yang digelar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujar Kepala Bidang Kesenian dan Tenaga Kebudayaan Disbud Bali, Ni Wayan Sulastriani, di Denpasar, Selasa (2/4/2019).

Sebanyak 38 materi lomba seni yang telah dirancang dalam PKB, yakni lomba gender wayang dan wayang kulit parwa dalang anak-anak, balaganjur remaja, taman penasar, bapang barong dan makendang tunggal, melukis anak-anak tingkat SD, membuat instrumen suling, pembuatan kostum tari Bali, pembuatan tapel klasik bali, membuat gebogan buah untuk upacara dewa yadnya, membuat gebogan kreasi dan ngulat tipat.

Sedangkan, untuk materi lomba PKB terkait bahasa dan aksara Bali, di antaranya membaca lontar, membaca berita televisi berbahasa Bali, poster paribasa bali dengan aksara Bali, seni lukis baligrafi aksara Bali, dan sejumlah lomba yang masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya seperti mesatua bahasa Bali, pidarta bahasa Bali, nyurat aksara Bali di lontar dan sebagainya.

Selain itu, ada pula sejumlah lomba di bidang kuliner yakni lomba membuat jajan laklak, membuat jajan cerorot, membuat tum ayam, membuat jukut ares, dan membuat makanan serba ikan.

Sementara, kegiatan lomba terkait implementasi Pergub 79/2018, di antaranya ada lomba desain dan peragaan busana ke pura tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, desain dan peragaan busana kerja adat Bali dan sebagainya. (NW.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

TOPIK

Back to Top