Situs Gunung Padang, Peninggalan Prasejarah di Jawa Barat - indephedia.com

Header Ads

Situs Gunung Padang, Peninggalan Prasejarah di Jawa Barat


Diperkirakan, luas Situs Gunung Padang memiliki tinggi dan luas melebihi Candi Borobudur serta lebih tua daripada Piramida Giza.

INDEPHEDIA.com - Situs Gunung Padang peninggalan prasejarah kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat, berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Luas kompleks utamanya kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Diperkirakan, luas Situs Gunung Padang memiliki tinggi dan luas melebihi Candi Borobudur serta lebih tua daripada Piramida Giza.

Situs Gunung Padang pertama kali ditemukan pada 1914 oleh penjajah Belanda. Laporan pertama mengenai keberadaan situs ini dimuat pada Rapporten van de Oudheidkundige Dienst (ROD, "Buletin Dinas Kepurbakalaan") tahun 1914.

Lokasi situs berbukit-bukit curam dan sulit dijangkau. Kompleksnya memanjang, menutupi permukaan sebuah bukit yang dibatasi oleh jejeran batu andesit besar berbentuk persegi. Situs itu dikelilingi oleh lembah-lembah yang sangat dalam.

Tempat ini sebelumnya memang telah dikeramatkan oleh warga setempat. Penduduk menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi, raja Sunda, berusaha membangun istana dalam semalam. Meski sudah di makan usia, bebatuan di Situs Gunung Padang seolah ditata rapi dan kerap dijuluki Macchu Picchu-nya Indonesia. (SJ.IN/*)

No comments