Kerajaan Romawi, Pemerintahan Monarki Cikal Bakal Kota Roma - indephedia.com

Header Ads

Kerajaan Romawi, Pemerintahan Monarki Cikal Bakal Kota Roma

Remus dan Romulus

INDEPHEDIA.com - Kerajaan Romawi (Regnum Romanum) sebuah pemerintahan monarki di Kota Roma, Italia, dengan rajanya yang pertama bernama Romulus. Kerajaan ini didirikan sekitar tahun 753 SM, sebelum Kekaisaran Romawi Kuno dan berakhir setelah penggulingan kekuasaan para raja dan pendirian Republik pada tahun 509 SM.

Kerajaan Romawi bermula dari permukiman di sekitar Bukit Palatine di sepanjang sungai Tiber di Italia Tengah. Diceritakan, Remus (raja pertama) dan Romulus saudaranya, anak Vesta Rhea Silvia (anak dari Numitor, raja Alba Longa) dengan Dewa Mars. Ketika menginjak usia dewasa, mereka mengetahui asal-usul kelahirannya, dan membunuh Amulius, adik Numitor.

Alih-alih menunggu hingga waktunya menggantikan Numitor sebagai raja Alba Longa, Remus dan Romulus memutuskan untuk membangun sebuah kota baru. Remus menginginkan membangun kota di Aventine Hill, sedangkan Romulus menginginkan Palantine Hill. Karena berbeda pendapat, Remus dan Romulus bertarung, hingga tersingkirlah Remus.

Menurut sumber dari Livius, Plutarkhos, Dionysius dari Halicarnassus dan yang lainnya, Kerajaan Romawi dipimpin tujuh raja dalam masa 243 tahun. Ketika bangsa Galia menyerang Roma setelah Pertempuran Allia pada 390 SM, semua catatan sejarah dihancurkan, sehingga tidak ada catatan sejarah dari masa kerajaan.

Di ketahui, saat ini Roma adalah ibu kota Italia, ibu kota Provinsi Roma dan juga ibu kota daerah Lazio. Kota ini terletak di hilir Sungai Tiber, dekat Laut Tengah. Sejarah kota ini sangat panjang, lebih dari 2.800 tahun. Selama itu, kota ini pernah menjadi pusat Kerajaan Romawi, Republik Romawi dan Kekaisaran Romawi, dan belakangan negara Kepausan, Kerajaan Italia, dan kini Republik Italia. (SJ.IN/*)

No comments