Berkunjung ke Destinasi Wisata Petualangan di Indonesia - INDEPHEDIA.com

Header Ads

Berkunjung ke Destinasi Wisata Petualangan di Indonesia

Pendaki mengabadikan keberadaannya di puncak Gunung Merbabu

Indonesia memiliki aneka ragam potensi alam dan budaya sebagai destinasi wisata petualangan yang menarik, mulai dari wisata petualangan nusa, wisata petualangan tirta, dan wisata petualangan dirga.

INDEPHEDIA.com - Wisata petualangan sudah lama dikenal. Industri pariwisata yang terfokus pada aspek petualangan ini sudah lebih dulu berkembang di Benua Eropa dan Amerika. Wisata petualangan turut mendorong pertumbuhan investasi dan pembangunan baru yang pesat di kawasan destinasi petualangan.

Hal ini terus menampakkan tren yang meningkat sejak abad ke-20 dengan kehadiran ceruk pasar (niche market) yang berbasis pada variasi atraksi yang ada. Perkembangan wisata petualangan juga bisa dilihat sebagai respon positif dari adanya pergeseran mass tourism (pariwisata massal) ke special interest tourism (pariwisata minat khusus). 


Wisata Petualangan Arung Jeram

Sebagai negara yang terletak di daerah tropis khatulistiwa, Indonesia memiliki aneka ragam potensi alam dan budaya sebagai destinasi wisata petualangan yang menarik, mulai dari wisata petualangan nusa (berbasis aktivitas di daratan), wisata petualangan tirta (berbasis aktivitas di perairan) dan wisata petualangan dirga (berbasis aktivitas di udara).

Beberapa destinasi unggulan wisata petualangan di Indonesia yang sudah cukup dikenal, antara lain Gunung Mas Bogor, Batu Malang, dan Timbis Bali (Wisata Paralayang), Gua Jomblang DIY, Cipicung Sukabumi, dan Kali Suci DIY (Wisata Gua) serta Sungai Citarik Sukabumi, Sungai Progo Jogya dan Sungai Ayung Bali (Wisata Sungai).

Kemudian, Gunung Semeru Malang, Gunung Rinjani Lombok, Gunung Carstensz Papua, Gunung Gede Pangrango Cianjur, Gunung Merapi Merbabu Jogya dan Gunung Kerinci (Wisata Pendakian Gunung) serta banyak lagi lainnya. (SBB.IN/*)
loading...

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).