KJRI Hamburg Tampilkan Budaya Indonesia di Lange Nacht der Konsulate

 
(Credits Photo: KJRI Hamburg)
KJRI Hamburg telah mengikuti kegiatan ini sejak 2013, dan tahun ini mempromosikan kebudayaan Indonesia secara lengkap agar pengunjung dapat merasakan personal experience kebudayaan Indonesia.
  
INDEPHEDIA.com - KJRI Hamburg menggelar kegiatan tahunan promosi kebudayaan Indonesia dalam acara Lange Nacht der Konsulate 2019 (Malam Panjang di Konsulat 2019), yang diselenggarakan Pemerintah Kota Hamburg, Kamis
waktu setempat (23/5/2019).

"KJRI Hamburg telah mengikuti kegiatan ini sejak 2013, dan tahun ini mempromosikan kebudayaan Indonesia secara lengkap agar pengunjung dapat merasakan personal experience kebudayaan Indonesia," ujar Pensosbud KJRI Hamburg, Anat Widagdo, Jumat (24/5/2019).

Event ini diikuti perwakilan negara asing, institusi internasional, dan lembaga kebudayaan di Kota Hamburg yang mengusung konsep open house sehingga masyarakat umum dapat mengunjungi dan melihpat program yang diadakan oleh masing-masing negara dan institusi. KJRI Hamburg membagi program ini ke dalam tiga elemen yaitu benda warisan budaya, kesenian, dan Bahasa Indonesia. 


Pameran Wayang Golek di Lange Nacht 2019, Hamburg. (Credits Photo: KJRI Hamburg)

Untuk benda warisan budaya, KJRI Hamburg bekerjasama dengan museum International Foundation of Indonesian Culture and Asian Heritage (IFICAH) menampilkan koleksi keris dan wayang golek merupakan budaya Indonesia yang termasuk dalam the Oral and Intangible Heritage of Humanity dari UNESCO. Selain itu, ditampilkan pameran topeng dan sarung tradisional Indonesia.

Dalam acara Lange Nacht ditampilkan tarian Klono Topeng dan musik gamelan, selain itu melengkapi personal experience dan impresi serta menarik pengunjung Jerman datang ke Indonesia.

KJRI Hamburg menyediakan booth kursus Bahasa Indonesia singkat, belajar aksara, pohon literatur Indonesia, photo booth dengan Candi Borobudur sebagai backdrop, serta promosi pariwisata dan jajanan kuliner Indonesia. Kegiatan juga diikuti Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Hamburg membuka booth promosi perdagangan dan produk unggulan Indonesia.

Sebagai kegiatan tahunan yang dikenal masyarakat Hamburg, Lange Nacht merupakan sarana promosi yang efektif mengenalkan dan memperdalam pengetahuan mengenai Indonesia ke seluruh penduduk kota Hamburg.

Pengunjung yang hadir menyatakan kekagumannya atas kebudayaan Indonesia dan tertarik berkunjung ke Indonesia. Kebudayaan Indonesia yang sangat kaya dan beragam merupakan salah satu elemen penting dalam diplomasi Indonesia di wilayah kerja KJRI Hamburg di Jerman meliputi negara bagian Hamburg, Bremen, Niedersahcsen dan Schleswig-Holstein. (NW.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top