Gunung Rinjani, Objek Wisata Favorit Pendaki dan Pecinta Alam - INDEPHEDIA.com

Header Ads

Gunung Rinjani, Objek Wisata Favorit Pendaki dan Pecinta Alam


Puncak Gunung Rinjani tujuan sebagian besar para petualang dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini. Animo komunitas pencinta alam di seluruh nusantara bahkan dari mancanegara dalam kegiatan pendakian cukup besar.  
 
INDEPHEDIA.com - Gunung Rinjani berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl dan gunung favorit bagi pendaki karena keindahan pemandangannya.

Gunung Rinjani bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Pendakian Gunung Rinjani (puncak) salah satu objek wisata yang menjadi andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Puncak Gunung Rinjani tujuan sebagian besar para petualang dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini. Animo komunitas pencinta alam di seluruh nusantara bahkan dari mancanegara dalam kegiatan pendakian cukup besar. Jumlah pengunjung yang melakukan pendakian setiap tahunnya juga mengalami peningkatan.

Danau Segara Anak



Pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani yang sangat prospektif adalah Danau Segara Anak. Lokasi ini dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian, yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun.

Untuk mengunjungi Danau Segara Anak dari jalur Senaru dibutuhkan waktu tempuh sekitar 7 – 10 jam berjalan kaki atau sekitar 8 kilometer dari pintu gerbang jalur pendakian Senaru. Sedangkan, dari jalur pendakian Sembalun ditempuh dalam waktu 8 – 10 jam.

Danau Segara Anak dengan ketinggian sekitar 2.010 m dpl dan kedalaman danau sekitar 230 meter mempunyai bentuk seperti bulan sabit dengan luasan sekitar 1.100 hektar. Di sekitar Danau Segara Anak terdapat lahan yang cukup luas dan datar, dapat digunakan untuk tempat berkemping maupun berkemah, juga pengunjung bisa memancing ikan di danau atau berendam di air panas yang mengandung belerang.

Objek lainnya di sekitar Danau Segara Anak adalah Hulu Sungai Koko Puteq sekitar 150 meter dari Danau Segara Anak. Selain itu terdapat pula Goa Susu, Goa Manik dan Goa Payung. Goa Susu dipercaya dapat dijadikan media becermin diri serta sering pula dipergunakan sebagai tempat bermeditasi.

Di bagian bawah Danau Segara Anak terdapat sumber air panas (Aik Kalak Pengkereman Jembangan) yang biasa digunakan untuk menguji dan memandikan benda-benda bertuah (Pedang, Keris, Badik, Tombak, Golok, dan lainnya).

Bagi yang percaya, jika benda-benda itu menjadi lengket apabila direndam itu menandakan benda-benda tersebut jelek atau tidak memiliki kekuatan supranatural. Tapi, sebaliknya bila benda-benda tersebut tetap utuh berarti memiliki kekuatan supranatural atau dipercaya memiliki keampuhan. (WS/IN/*)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).