Astronom Temukan Planet Terlarang 920 Tahun Cahaya dari Bumi Mirip Neptunus

 


INPHEDIA.com - Salah satu tim astronom internasional menemukan sebuah "Planet Terlarang" berjarak sekitar 920 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini diberi julukan sebagai planet terlarang oleh para peneliti karena terkunci dalam orbit yang sangat dekat dengan induknya.

Astronom menggambarkan planet terlarang ini mirip Neptunus dan berjarak sangat dekat dengan bintang inangnya. Hal itu membuat planet tersebut hanya membutuhkan 1,34 hari di Bumi untuk menyelesaikan satu orbit.

Konfigurasi orbit planet yang mirip Neptunus itu bahkan disebut jarang terlihat. Hasil ini diterbitkan dalam buletin bulanan dari Royal Astronomical Society. Untuk mendeskripsikan kedekatan orbit ini, para astronom memberi istilah "gurun Neptunus".

"Istilah 'gurun Neptunus' berasal dari pengamatan bahwa ada beberapa planet massa menengah pada periode (orbital) yang sangat singkat," ungkap Coel Hellier, astronom yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Letak antara planet dan bintang tersebut dianggap para astronom sebagai sesuatu yang janggal. Pasalnya, dengan jarak sedekat itu, bintang induk dapat membakar planet tersebut hingga ke intinya. Planet dengan nama formal NGTS-4b ini justru menunjukkan anomali dan menentang teori itu.

Benda yang dianggap aneh ini ditemukan oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Richard West, seorang astronom University Warwick menggunakan teleskop Next-Generation Transit Survey (NGTS).

Dalam laporannya, West menyebut bahwa ukuran planet ini sekitar 3 kali Bumi. Melalui NGTS, West dan koleganya menemukan bahwa planet itu bergerak di antara Bumi dan bintang inangnya.

Tak hanya itu, NGTS juga membuat tim ini mampu mengamati lama putaran rotasi planet tersebut. Ini merupakan pencapaian yang belum pernah dilakukan teleskop berbasis darat lainnya.

Julukan planet terlarang terhadap NGTS-4b memang cukup unik. Hellier mencoba menjelaskan alasan di balik julukan tersebut. Menurutnya, penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa mungkin tidak ada massa yang cukup di atmosfernya.

"Planet ini tidak memiliki massa yang cukup untuk bertahan di atmosfernya, mengingat panas sengit dari begitu dekatnya jaraknya dengan bintang inang," kata Hellier.

"Itu berarti bahwa ia kemungkinan lahir di lokasi yang lebih jauh dari bintangnya, tapi baru saja pindah ke orbit periode pendek," sambungnya.

Astronom Hannah Wakeford dari Space Telescope Science Institute di Baltimore, yang tidak terlibat dengan studi baru ini, mengatakan planet ini mungkin dulunya jauh lebih besar daripada sekarang.

Menurutnya, kedekatan planet ini dengan bintang menyebabkan atmosfernya terhembus. Akibatnya, NGTS-4b menjadi lebih kecil dan lebih padat dari waktu ke waktu karena massa menjadi didominasi oleh massa inti dan bukan massa atmosfer.

"Cara untuk menguji apakah ini masalahnya adalah dengan melihat transit planet dalam (spektrum) ultraviolet mencari tanda-tanda pelepasan hidrogen dari atmosfer," kata Wakeford. (SBB.IN/*)
Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top