Alam dan Kita
Alam dan Kita

Cara Gampang Mencegah Hawa Panas dan Mendinginkan Kabin Mobil

 


INDEPHEDIA.com - Setelah didiamkan lama terparkir di bawah terik matahari yang panas menyengat, hampir tak ada pengendara atau penumpang yang tahan terhadap hawa panas di dalam kabin mobil.

Jika sudah menghadapi kondisi yang sedemikian, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

Untuk mencegah hawa panas di kabin mobil tersebut, yakni gunakan sirkulasi udara, biarkan jendela sedikit terbuka dan gunakan pelindung matahari.

Biarkan Jendela Sedikit Terbuka

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan suhu udara dalam mobil adalah dengan membiarkan jendela mobil sedikit terbuka. 

Membuka sedikit jendela mobil dilakukan jika kondisi lingkungan di tempat parkir tersebut dirasa aman dari tindak kejahatan. 

Kalau dirasa tidak aman sebaiknya hal itu jangan dilakukan, biarkan jendela mobil tertutup rapat untuk menghindari aksi kriminal.

Metode membuka sedikit jendela mobil ini akan membantu udara dalam mobil tetap tersirkulasi dengan baik. 

Udara panas akan mengalir menuju ke bagian jendela mobil sehingga suhu udara tetap sama dengan kondisi di luar.

Sebelum meninggalkan mobil, bukalah sedikit jendela mobil. Fungsi membuka sedikit jendela tersebut ialah untuk membuka ventilasi agar arus udara bisa lebih lancar. 

Untuk amannya, cukup buka selebar 1-2 cm saja agar tidak dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab.

Manfaatkan Sirkulasi Udara

Cara kedua dengan memanfaatkan sirkulasi udara di dalam mobil. Cara ini dapat dengan mudah menurunkan suhu dalam mobil secepat mungkin. 

Metode ini hanya membutuhkan sistem pendingin kabin atau AC (Air Conditioner) dan jendela mobil.

Bukalah semua jendela pada mobil Anda. Langkah ini bermanfaat untuk mengeluarkan udara panas dari mobil. 

Kemudian, nyalakan AC Anda, bila ada mode fresh air (biasanya ditandai dengan gambar kabin mobil dengan panah masuk ke gambar mobil) sangat disarankan. 

Hal ini akan membantu Anda mengusir udara panas dengan udara yang lebih dingin.

Tunggu beberapa saat hingga udara dalam mobil sedikit mendingin. Biasanya 1-2 menit saja sudah cukup. 

Setelah itu, barulah tutup semua jendela dan kembalikan AC ke posisi recirculate (bertanda kabin mobil dengan panah melingkar).

Gunakan Pelindung Matahari

Cara ketiga, gunakan penghalang terik matahari. Tapi, pakai yang ringan dan mudah dibongkar-pasang. 

Mungkin fungsinya hanya bisa melindungi kaca depan atau belakang, namun hal itu tentu lebih baik dari pada tidak sama sekali. Dengan demikian, roda kemudi dan kenop transmisi bisa tetap dingin.

Sebelum meninggalkan mobil, pasang pelindung matahari mobil. Pasang secara menyeluruh pelindung matahari dari bagian bawah hingga atas. 

Pastikan sesedikit mungkin celah yang bisa dilalui oleh sinar matahari masuk ke dalam kabin mobil. 

Ingat, ratakan pemasangan pelindung matahari serata mungkin dari dashboard hingga bagian atas. 

Gunakan sun visor (komponen mobil yang terletak di bagian dalam tepat di atas kaca depan) untuk menahan pelindung matahari agar tidak terjatuh. (SBB.IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top