cPanel: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Menggunakannya - indephedia.com

Header Ads

cPanel: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Menggunakannya



INDEPHEDIA.com - cPanel merupakan panel standar yang paling banyak digunakan dan sebagian besar web developer sudah sangat familiar dengan tool ini. Bagi pengguna yang masih baru, pasti belum paham benar apa itu cPanel?

cPanel adalah salah satu control panel berbasis Linux yang paling banyak digunakan di akun web hosting. Melalui panel ini, Anda bisa dengan mudah mengelola semua layanan dalam satu tempat.

cPanel selain intuitif dan mudah digunakan, juga memungkinkan Anda untuk mengelola akun web hosting dengan maksimal. Beberapa kegunaan cPanel, di antaranya membuat FTP user dan alamat email baru, memonitor resource, membuat subdomain, dan menginstall software.

Umumnya, cPanel merupakan web hosting Linux yang menyertakan instalasi cPanel. Meskipun ada kelebihan dan kekurangannya, cPanel merupakan pilihan yang tepat jika Anda mencari control panel yang cepat dan andal. Berikut kelebihan cPanel dan kekurangannya:

Kelebihan cPanel: mudah dipelajari, mudah digunakan, menghemat waktu dan uang/biaya, telah melalui uji coba, menawarkan software auto installer, tersedia berbagai tutorial dan panduan online.

Kekurangan cPanel: fitur yang terlalu banyak hanya akan memperlambat performa cPanel, pengaturan yang penting bisa tiba-tiba berubah secara otomatis, beberapa hosting menjalankan software yang tidak diupgrade serta biayanya mahal dan jarang dipasangkan di hosting gratis.

Masing-masing cPanel memiliki metode instalasi yang berbeda dan di dalamnya juga terkandung berbagai fitur. Kabar baiknya, sekarang Anda mencari panduan dan tutorialnya di internet jika ingin menginstall cPanel yang dibutuhkan.

Setelah masuk ke akun, Anda akan melihat metrics yang menyimpan jumlah penggunaan resource (seperti penggunaan CPU, ketersediaan ruang penyimpanan atau storage, dan penggunaan memori). Metric ini menyajikan data yang sangat berguna bagi Anda untuk melihat keseluruhan performa website.

Setelah mengetahui data dan performa website, langkah selanjutnya adalah melihat berbagai modul yang disediakan. Modul ini memungkinkan Anda untuk mengupload dan mengelola file secara langsung dari cPanel tanpa bantuan FTP client. Selain itu, Anda juga bisa membuat level privasi, backup, dan masih banyak lagi. (INT/IND/*)

No comments