Diet Sehat Tanpa Merasa "Tersiksa" dari Tubuh yang Gemuk - indephedia.com

Header Ads

Diet Sehat Tanpa Merasa "Tersiksa" dari Tubuh yang Gemuk



INDEPHEDIA.com - Memiliki tubuh yang kegemukan menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang, terutama bagi kaum hawa. Sebab, efek buruk berat badan yang berlebihan sangat mempengaruhi segi penampilan sehingga terlihat tidak proporsional.

Tak hanya itu, seseorang yang kegemukan, kesehatan pun kadang bisa terganggu karena akan berdampak buruk pada organ-organ tubuh. Di bawah ini ada beberapa tips sederhana agar Anda dapat melakukan diet sehat tanpa harus merasa "tersiksa" dari tubuh yang gemuk.

Kurangi Makanan Berminyak

Anda mungkin memiliki hobi mengkonsumsi makanan seperti tempe goreng, tahu goreng, atau jenis lain yang mengandung minyak. Sebenarnya, larangan tidak mengkonsumsi gorengan tidaklah mutlak, tetapi makanlah dengan porsi yang wajar saja.

Membuang kandungan minyak pada makanan tersebut dengan cara membungkus dengan tissue hingga minyak terserap keluar menjadi salah satu trik.

Jika Anda memasak makanan itu sendiri, gunakanlah minyak goreng dengan kadar kolesterol rendah. Bijaklah ketika akan membeli minyak goreng di pasaran agar upaya diet Anda bisa dijalankan secara baik dan seimbang.

Kurangi Minuman Mengandung Soda

Gaya hidup saat ini membuat perilaku orang dalam mengkonsumsi makanan dan minuman perubah, salah satunya adalah minuman ringan atau soft drink.

Minuman ringan yang memiliki kandungan soda memiliki kalori tinggi namun nustrisinya rendah. Hal itu bisa menyebabkan berat badan naik jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu lama.

Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak fungsi terutama untuk tubuh manusia. Zat cair alami tak berasa dan tidak memiliki aroma ini akan membantu memperlancar metabolisme tubuh. Hal itu sangat membantu bagi Anda yang memang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan ideal.

Konsumsi Buah-Buahan

Buah-buahan makanan yang dihasilkan oleh alam yang memiliki kadar kalori dan lemak rendah serta kandungan serat tinggi. Jika Anda memang sedang menjalankan diet silakan konsumsi buah-buahan secara teratur agar bisa membantu menurunkan berat badan.

Buah-buahan yang bagus untuk Anda konsumsi dalam rangka mensukseskan program diet adalah pisang, jeruk, apel, kiwi, strawberry, dan nanas. Anda dapat mencoba si buah imut acai berry yang terkenal dapat membantu merampingkan pinggang.

Gunakan Waktu Tidur Secara Benar

Anda mungkin akan merasa janggal kok kurang tidur bisa menyebabkan kegemukan, bukannya malah bikin kurus? Jangan salah. Seseorang yang kurang tidur karena banyak aktifitas atau stres kadang akan memiliki hasrat makan dan minum tinggi.

Terlebih lagi bagi sesorang yang aktifitasnya kurang, akan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang rata-rata mengandung banyak lemak. Hal itu dibuktikan secara ilmiah atau medis bahwa orang yang waktu tidurnya kurang maka hormon penekan nafsu makan akan menurun. Seiring dengan itu terjadi juga peningkatan pada hormon pemicu nafsu makan.

Oleh sebab itu, atur waktu tidur Anda secara baik agar ada keseimbangan pola hidup sehat sehingga berat badan bisa dikontrol pada ukuran ideal. Selain itu, dengan pola tidur yang baik maka Anda pun dapat meningkatkan kemampuan otak.

Kendalikan Faktor Stres

Stres yang berlebihan menjadi salah satu penyebab kegemukan. Hal itu karena dipicu meningkatnya hasrat untuk makan secara terus menerus. Perilaku itu dialami banyak orang sehingga tidak bisa mengontrol apapun jenis makanan yang dikonsumsi.

Memang penyebab seseorang stres satu dengan yang lainnya berbeda, namun secara umum Anda bisa mengendalikannya dengan melakukan hal-hal positif dan kreatif sebagai alternatif untuk mendapatkan solusi terhadap permasalahan yang ada.

Rajin Olah Raga

Cara ini sangat umum dan sebenarnya bisa dilakukan siapa saja. Olah raga secara teratur tanpa harus menyita waktu banyak tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga untuk menurunkan serta menjaga berat badan pada ukuran ideal.

Melakukan gerakan tubuh secara menyeluruh akan membakar banyak kalori sehingga lemak-lemak yang terkumpul akan mudah hilang. Walaupun Anda termasuk kategori yang memiliki aktifitas tinggi, sebaiknya tetap meluangkan waktu melakukan olah raga agar tubuh sehat, berat badan terkontrol, dan pikiran pun jernih. (SBB.IN/*)

No comments