Goa Gong, Objek Wisata Nan Menakjubkan di Pacitan, Jawa Timur - indephedia.com

Header Ads

Goa Gong, Objek Wisata Nan Menakjubkan di Pacitan, Jawa Timur



INDEPHEDIA.com - Gua Gong objek wisata menakjubkan yang dimiliki Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang digadang-gadang gua terindah di Asia Tenggara. Tak heran jika Goa Gong menjadi destinasi wisata favorit bagi para traveler dunia yang berjiwa petualang dan mereka yang menyukai keindahan alam bawah permukaan tanah.

Secara administratif, Gua Gong berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Pacitan ke arah barat (arah Wonogiri). Untuk mencapai Gua Gong, pengunjung dapat melalui 3 jalur yang berasal dari kota-kota di sekitar Pacitan, yaitu Ponorogo, Wonogiri dan Trenggalek.

Nama gua ini terbilang cukup unik. Karena sejatinya nama “Gong” alat musik dalam gamelan Jawa. Begitu pula dengan pemberian nama pada gua ini. Gua tersebut dinamakan Gua Gong karena ada salah satu stalaktit-stalakmit di sini jika dipukul berbunyi seperti gong. 



Saat memasuki Goa Gong, wisatawan akan disambut formasi stalaktit dan stalakmit yang indah. Dibantu penerangan yang cukup, pengunjung dapat masuk lebih dalam dan menyusuri lorong gua sepanjang 256 meter. Di sepanjang lorong gua, wisatawan akan ditemani bebatuan lancip yang tegak maupun menggantung di atap gua.

Di ujung lorong, sebuah ruangan yang membentuk kubah raksasa sepanjang 100 meter, dengan lebar 15 hingga 40 meter dan tinggi antara 20-30 meter akan membuat pengunjung berdecak kagum.

Stalaktit dan stalakmit dengan aneka bentuk dan ukuran menghiasi seluruh penjuru ruangan. Beberapa di antaranya bahkan diberi nama karena untuk mengabadikan keindahannya, seperti Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro Buwono, dan lainnya.

Untuk menjelajahi gua ini, wisatawan tak perlu kuatir, meski tetap harus berhati-hati. Sebab, pemerintah setempat telah menambah prasarana di dalam gua, seperti tangga, pagar pengaman, penerangan dan kipas angin untuk memudahkan penelusuran.

Di dalam Gua Gong terdapat beberapa ruangan. Ruang-ruang tersebut, yaitu Ruang Sendang Bidadari, Ruang Bidadari, Ruang Kristal dan Marmer, Ruang Pertapaan dan Ruang Batu Gong.

Selain keindahan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi ruangan gua, ada juga mata air (sendang) yang menurut penuturan warga sekitar memiliki kekuatan magis menyembuhkan beragam bagi mereka yang mempercayainya. Mata air tersebut, antara lain Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan dan Sendang Relung Nisto. (WS.IN/*)

No comments