-->

Mencuci Wajah yang Benar dan Bermanfaat Begini Caranya

 



INDEPHEDIA.com - Mencuci wajah ada langkah dan cara yang mesti dilakukan dengan baik dan benar agar mencuci wajah benar-benar bermanfaat untuk kulit wajah. Mencuci wajah bukan hanya sekadar mengusapkan sabun lalu membilasnya dengan air.

Pasalnya, cara mencuci wajah dapat berdampak besar pada penampilan. Salah dalam mencuci muka bisa membuat kulit tampak lelah, kusam, dan rentan terhadap jerawat.

Berikut panduan cara mencuci wajah yang baik dan benar dari asosiasi dematologi Amerika Serikat, American Academy of Dermatology. Ikuti langkah ini untuk membuat wajah tetap sehat.

1. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak abrasif atau mengandung alkohol. Pastikan pula pembersih wajah itu sesuai dengan tipe kulit seperti kulit kering, berminyak, atau berjerawat.

2. Basahi wajah dengan air hangat dan gunakan ujung jari untuk mengaplikasikan pembersih. Menggunakan spons atau selain ujung jari dapat membuat kulit iritasi.

3. Jangan terlalu menggosok kulit. Tahan godaan untuk menggosok kulit terlalu keras karena juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

4. Bilas kembali wajah dengan air suam dan keringkan dengan handuk yang lembut.

5. Oleskan pelembap jika kulit Anda tergolong kulit yang kering atau merasa gatal. Oleskan krim dengan lembut saat berada di sekitar mata sehingga tidak terlalu menarik kulit halus yang berada di area tersebut.

6. Batasi mencuci muka hanya dua kali sehari dan setelah berkeringat.  Cuci wajah dengan benar sebelum beraktivitas di pagi hari dan di malam hari sebelum tidur, juga setelah banyak berkeringat. Keringat, terutama saat mengenakan topi atau helm dapat membuat kulit iritasi. (SBB/IN/*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

TOPIK

Back to Top