Pengertian, Jenis dan Unsur Website yang Perlu Diketahui - indephedia.com

Header Ads

Pengertian, Jenis dan Unsur Website yang Perlu Diketahui



INDEPHEDIA.com - Seiring perkembangan internet, saat ini semakin banyak pula yang mengenal website. Setiap hari selalu ada yang mengunjungi internet. Manakala Anda membuka layanan seperti Google, situs-situs berita hingga toko-toko online di perangkat desktop atau mobile, yang Anda buka itu website. Walaupun setiap hari berinterasi dengan website, mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu pengertian website.

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat di akses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser dan terdiri dari URL. Beberapa jenis website yang sudah dikenal, di antaranya website pribadi, website toko online dan blog.

Website media untuk menampilkan informasi. Awal kemunculannya, informasi yang ditampilkan pada website hanya berupa tulisan. Saat ini, berbagai jenis website dapat Anda temukan dengan mudah, tidak hanya menampilkan informasi berupa tulisan saja, tetapi ada banyak foto hingga video.

Sementara, unsur-unsur website ada 3 unsur. Ketiga unsur ini sangat vital pada website. Tanpa adanya semua unsur tersebut, website Anda tidak akan pernah ditemukan dan diakses oleh pengguna di internet. Ketiga unsur yang dimaksud, yakni domain, hosting dan konten.

Domain. Jika website diibaratkan sebagai produk, maka domain adalah merk. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk memasuki suatu website. Dengan pemilihan nama domain yang unik juga membuat orang mudah mengingatnya untuk nantinya dikunjungi kembali.

Hosting. Tidak kalah pentingnya dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website. Banyak sekali penyedia jasa hosting di Indonesia, salah satunya Niagahoster yang menyediakan hosting terbaik untuk kecepatan akses website Anda.

Konten. Tanpa adanya konten pada website, maka website bisa dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video. Jika dilihat dari konten yang disuguhkan, terdapat beberapa macam website. Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual beli atau website yang berisi konten yang berdasarkan minat, bakat dan hobi. (SBB.IN/*)

No comments