Sejarah Perkembangan Hingga Manfaat Internet - indephedia.com

Header Ads

Sejarah Perkembangan Hingga Manfaat Internet



INDEPHEDIA.com - Di era sekarang ini tak dapat dipungkiri lagi hampir semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa atau bahkan lansia sekalipun sudah menggunakan internet. Tak hanya itu saja, hampir semua aspek pekerjaan dalam kehidupan kita sehari-hari telah mengandalkan internet.

Para pengguna dapat mengakses internet dengan menggunakan komputer, laptop, hingga handphone. Hanya dengan "Klik", apa yang seseorang butuhkan bisa ditemukan di internet, perangkat canggih super pintar dari kemajuan ilmu dan teknologi serta perkembangan zaman ini.

Sudah bukan trik rahasia lagi jika untuk mencari segala solusi dan jawaban bisa dilakukan di internet. Ketika seseorang mencari berita, artikel-artikel bermanfaat, main game, mencari lowongan pekerjaan, hingga memesan barang atau produk tertentu dapat melalui internet. Berbagai macam yang kamu butuhkan bisa ditemukan di internet.

Pengertian dan Fungsi Internet

Pengertian Internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu sistem standar global transmission control protocol/internet protocol suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket dalam melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia.

Internet kependekan dari interconnected network. Internet juga dapat diartikan sebagai jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaaan atau milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi misalnya telepon, satelit, dan sebagainya.

Sementara, fungsi internet secara sederhana adalah sebagai media komunikasi, salah satu tempat untuk akses informasi, berbagi sumber daya atau data, hingga dapat menyiarkan dan mengakses secara langsung baik itu berita dan bertukar data dengan internet online ke seluruh dunia.

Sejarah Internet dan Perkembangannya

Internet adalah suatu jaringan komputer yang pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, dengan proyek ARPA yang disebut ARPANET. ARPA NET kepanjangan dari Advanced Research Project Agency Network yang mendemonstrasikan cara suatu hadware dan software komputer memiliki basis UNIX dengan berkomunikasi dalam jarak yang jauh dengan saluran telepon.

Proyek ARPANET dirancang dengan standarisasi kehandalan dan berapa besaran informasi yang dapat kirim untuk saling bertukar informasi yang dari hal tersebut terbentuklah TCP/IP yang dikenal dengan Transmision Control Protocol/Internet Protocol). Tujuan awal dari Proyek ARPANET hanyalah keperluan militer untuk menghubungkan daerah atau wilayah vital.

ARPANET di tahun 1969 awalnya hanya dapat menghubungkan 4 situs seperti Stanford Research Institute, University of Calirofornia, Santa Barbara, University of Utah. Kemudian, di bulan Oktober 1972 ARPANET dikenalkan secara umum dan berkembang pesat di seluruh wilayah sampai ARPANET kesulitan.

Dari kesulitan tersebut, ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan APRANET untuk keperluan non-militer. Seiring berjalannya waktu, masyarakat dikenal dengan nama DARPA dan disederhanakan menjadi Internet seperti sekarang ini.

Istilah internet sendiri pertama kali di tahun 1982 dengan perkembangan name server membuat para pengguna dapat terhubung ke suatu host tertentu.

Perkembangan internet saat ini dikelola dan dijaga oleh perjanjian multilateral dan protokol yang menampilkan perpindahan data antara rangkaian. Protokol dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF) yang terbuka secara umum.

Badan yang mengeluarkan sebuah dokumen yang dikenal dengan RFC, yaitu Request For Comment yang sebagian datanya dijadikan sebagai Standar Internet oleh Badan Arsitektur Internet. Prokotol-protokol internet biasa digunakan adalah IP, TCP, UDP, DNS, IMAP, SMPTP, HTTPS,FTP, SSL, HTTP, LDAP, dan lainnya.

Manfaat Menggunakan Internet

Dari kemudahan mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh sebagai pengguna. Dengan berbagai fungsi dan manfaatnya, internet saat ini sudah seperti salah satu kebutuhan, mulai dari media penyampai dan memperoleh informasi hingga hiburan.

Dengan internet, membuat komunikasi antar individu mudah dan lebih cepat, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri dengan biaya yang relatif murah. Internet juga dapat mengisi waktu kosong seseorang dan dapat menghibur dengan banyaknya media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, musik sampai bermain game.

Dari adanya internet, kita dapat berbagi wawasan dan pengetahuan di seluruh dunia. Manfaat ini sangat memudahkan siapapun, termasuk pelajar dalam mencari informasi mengenai pelajarannya.

Tak hanya itu, internet dapat digunakan untuk belanja yang dikenal dengan belanja online. Belanja online memberikan kemudahan dan efisien dimana setiap orang tidak perlu keluar dan pergi tempat tujuan dalam mencari barang atau benda apapun itu yang tentunya dapat menyita waktu anda.

Saat ini, banyak kalangan yang memanfaatkan internet sebagai media untuk berbisnis hingga tempat mencari lowongan kerja. Bisnis apapun bisa dilakukan di internet, baik secara langsung maupun disampaikan melalui tulisan, unggahan foto atau video.

Selain itu, dengan banyaknya perusahaan yang menggunakan internet, membuat informasi lowongan pekerjaan lebih mudah diterbitkan dan diketahui oleh para pencari lowongan pekerjaan yang banyak didapatkan di situs-situs penyedia informasi lowongan pekerjaan. (SBB/IN/*)

No comments