Halong Bay, Objek Wisata Populer Warisan Dunia di Vietnam - indephedia.com

Header Ads

Halong Bay, Objek Wisata Populer Warisan Dunia di Vietnam



INDEPHEDIA.com - Halong Bay (Teluk Halong) di dalam Teluk Tonkin, Provinsi Quang Ninh, salah satu objek wisata yang cukup populer dan menjadi ikon di Vietnam. Halong Bay memiliki lebih 1.600 pulau besar dan beberapa pulau kecil yang membentuk gumpalan batuan kapur putih yang indah dan menakjubkan.

Meski demikian, Halong Bay; —Teluk Ha Long— berarti "Teluk Naga yang Sedang Turun" dalam bahasa Vietnam, dengan pulau-pulau batu kapur yang menjulang secara spektakuler dari laut itu tidak berpenghuni. Sebab, sebagian pulau-pulau tersebut terjal dan tandus oleh batuan kapur dan hanya cukup untuk dinikmati keindahannya.

Halong Bay dinobatkan sebagai situs nasional di tahun 1962 oleh pemerintah Vietnam yang selanjutnya menjadi Situs Nasional Landscape di bawah warisan hukum dan budaya pemerintah Vietnam yang tertuang pada peraturan tahun 2009. Sedangkan, untuk kepemilikan lahan dipegang secara langsung oleh pemerintah provinsi setempat. 



Objek wisata sekaligus warisan historikal ini juga dilindungi secara langsung oleh sejumlah undang-undang yang berlaku secara nasional serta  mencakup beberapa keputusan pemerintah.

Sejak tahun 1994, Teluk Halong yang berada dekat perbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok dan berjarak sejauh 170 km dari Hanoi ini, ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Kemudian pada tahun 2012, teluk tersebut menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia versi New 7 Wonders Foundation.

Dari Kota Hanoi, untuk menuju ke Halong Bay memakan waktu sampai sekitar 3 jam. Letaknya kurang lebih berjarak sekitar 165 km dari Hanoi, ibu kota Vietnam itu sendiri. Luasnya kurang lebih 43.400 ha dan termasuk 1.600 pulau besar di dalamnya dengan pemandangan bebatuan kapur menjulang yang menakjubkan.

Keindahan Halong Bay berpusat di bentang alam batu kapur karsta yang membentuk pilar-pilar keindahan di sepanjang sisi. Terlebih, ditambah lagi dengan adanya lengkungan dan goa-goa yang terbentuk akibat adanya erosi dan abrasi di sekitar destinasi wisata menambah keindahan Halong Bay. (WS.IN/*)


Tonton juga video Berwisata ke Vietnam | Vietnam Travel berikut:

 

No comments