Pegunungan Alpen, Pegunungan Besar Bersalju di Benua Eropa - INDEPHEDIA.com

Header Ads

Pegunungan Alpen, Pegunungan Besar Bersalju di Benua Eropa



INDEPHEDIA.com - Pegunungan Alpen jajaran pegunungan besar bersalju di Eropa yang mempesona, membentang dari Austria dan Slovenia di timur, melalui Italia, Swiss, Liechtenstein, dan Jerman, sampai ke Prancis di barat. Gunung tertinggi di Alpen bernama Mont Blanc dengan ketinggian 4.808 meter di perbatasan Prancis-Italia.

Karena keindahan alamnya banyak wisatawan, terutama petualang, pendaki, pemain ski hingga mereka yang hanya penasaran ingin melihat Pegunungan Alpen berkunjung ke pegunungan yang melewati sejumlah negara di Benua Eropa ini. Untuk menikmati keindahan Pegunungan Alpen, wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa desa dan resor-resor di negara-negara yang dilewati jajaran pegunungan tersebut.



Seperti mengutip Wikipedia, secara geografis Pegunungan Alpen dibagi menjadi Alpen Barat dan Alpen Timur, membentang di antara Danau Constance dan Danau Como melalui Sungai Rhine, Liro dan Mera. Pegunungan Alpen Barat lebih tinggi tetapi lebih pendek dan berliku, terletak di Italia, Prancis, dan Swiss. Sedangkan, Alpen Timur memiliki rangkaian pegunungan yang lebar dan memanjang, terletak di Austria, Jerman, Italia, Liechtenstein, Slovenia dan Swiss.

Pembagian segi geografi berbeda dari sudut geologi. Secara geologi, pegunungan ini tidak dibedakan menjadi bagian timur dan barat. Secara umum, pakar geologi membagi Alpen menjadi tiga wilayah geologi, yaitu Helveticum, Penninicum dan Austro-Alpen.

Dari sisi wilayah, Helveticum berada di utara, Penninicum dan pegunungan Austro-Alpen di bagian tengah. Sementara, pegunungan Alpen Selatan berada di bagian selatan dan sebagian dari Alpen Dinari yang membentang hingga ke Semenanjung Balkan. Pergunungan Jura dari sudut geologi tergolong di dalam pegunungan Alpen namun tidak dari sudut geografi. (WS.IN/*)


Tonton juga video Berwisata ke Objek-objek Wisata Populer di Rumania - Turism in Tara Dornelor berikut:

 
loading...

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).