Mengenal Sang Penemu Friedrich Karl von Drais

 


INDEPHEDIA.com - Karl Freiherr von Drais seorang penemu yang produktif pada periode Biedermeier. Sejumlah temuannya bahkan hingga kini turut membantu bidang transportasi dan jasa di dunia.

Drais --demikian panggilannya-- seorang pejabat kehutanan Jerman yang lahir di Karlsruhe, Jerman, 29 April 1785 dan meninggal di Karlsruhe, 10 Desember 1851 pada umur 66 tahun.

Drais adalah orang yang menemukan Laufmaschine atau “mesin berjalan”, yang juga belakangan disebut velocipede, draisine (Inggris) atau draisienne (Prancis), juga dijuluki kuda hobi atau kuda pesolek.

Velocipede atau sepeda penemuannya ini paling populer dan dikenal luas semasa itu sebagai sarana transportasi beroda dua. 

Temuannya tersebut menggabungkan prinsip roda dua yang merupakan dasar dari sepeda dan sepeda motor dan merupakan awal dari transportasi pribadi mekanis. 

Selain sepeda, Friedrich Karl von Drais juga menemukan mesin tik paling awal dengan keyboard tahun 1821. 

Dia mengembangkan mesin stenograf awal yang menggunakan 16 karakter (1827), perangkat untuk merekam musik piano di atas kertas (1812).

Tak hanya sepeda dan mesin tik, Drais penemu penggiling daging pertama, dan kompor hemat kayu termasuk peti jerami paling awal. 

Kemudian, Drais menemukan dua kendaraan roda empat bertenaga manusia (1813/1814) yang dia perlihatkan di Wina pada kongres yang mengukir Eropa setelah kekalahan Napoleon.

Pada tahun 1842, Drais mengembangkan kendaraan kereta api bertenaga kaki yang digerakkan oleh manusia bernama "draisine", digunakan bahkan hingga hari ini untuk gerbong kereta api.

Atas temuannya, Drais tak mampu memasarkan penemuannya untuk mendapatkan keuntungan karena ia masih menjadi PNS Baden, meski digaji tanpa memberikan jasa aktif.

Pada 12 Januari 1818, Drais dianugerahi hak istimewa bangsawan (Großherzogliches Privileg ) untuk melindungi penemuannya selama 10 tahun di Baden oleh Adipati Agung Grand Duke Karl.

Gelar hak istimewa bangsawan yang disandangnya itu hanya gelar kehormatan, tidak terkait dengan universitas atau lembaga lain. 

Drais pensiun dari pegawai negeri dan dianugerahi pensiun atas pengangkatannya menjadi profesor ilmu mekanik. (AS/IND)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top