Benua Asia: Wilayah, Penamaan Hingga Penemu

 
Sumber Foto: Katadata

INDEPHEDIA.com - Benua Asia merupakan benua terluas di dunia. Luas wilayah Benua Asia sekitar 44.579.000 km² atau 30 persen luas bumi.

Benua dengan tingkat populasi penduduknya tertinggi di antara benua lainnya ini mencakup 8,7 persen dari total luas permukaan bumi dan terdiri dari 30 persen dari luas daratannya. 

Benua Asia terhubung lewat darat dan keduanya membentuk suatu benua raksasa yang disebut sebagai Eurasia. 

Secara geografis, Benua Asia berbatasan dengan Pegunungan Ural dan Kaukasus serta Samudra Arktik, Pasifik dan Hindia. 

Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah, antara lain Asia Utara, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan dan Asia Barat.

Asal Kata "Asia"

Dalam bahasa Indonesia ada kata "Asia", melalui bahasa Belanda, dari Yunani Kuno, Ασία (Asia). Kata dan nama ini pertama kali dicoba di Herodotus pada 440 Sebelum Masehi (SM).

Kata tersebut mengacu pada Asia Kecil atau dengan maksud menggambarkan Perang Persia, kepada Kerajaan Persia sebagai musuh Yunani dan Mesir. 

Meski sebelum Herodotus, Homer mengetahui celah Troya bernama Asios, anak laki-laki Hyrtacus, penguasa atas beberapa kota, dan dia menggambarkan rawa-rawa sebagai "Asios". 

Kemudian, asal-usul kata Asia kemungkinan dari kata Akkadia (w) asu (m), yang masih kerabat kata Ibrani yang berarti "keluar" atau "naik".

Istilah kata tersebut mengacu ke arah matahari pada saat fajar (matahari terbit) di Timur Tengah, dan juga tampaknya berhubungan dengan kata Fenisia asa yang berarti timur. 

Kata itu mungkin kontras dengan asal-usul kata yang diusulkan Eropa, dari bahasa Arab dan Parsi erebu "masuk" atau "terbenam" (bagi matahari). 

Penemu Benua Asia

Jika merujuk ke sebuah tempat, kata 'penemu' untuk Benua Asia sepertinya kurang pas. Sebab, pada dasarnya tempat itu tidak ditemukan atau dibuat oleh seseorang. 

Meski begitu, bagi bangsa Eropa, ada beberapa nama yang disebut penemu Benua Asia. Tokoh itu, di antaranya Vasco da Gama dan Marco Polo.

Vasco da Gama merupakan pelaut dan bangsawan Portugis yang hidup pada masa 1460-1524 (berumur 64 tahun). 

Diusianya 37 tahun (1497), Vasco da Gama berlayar dari Lisbon dan melakukan ekspedisi menuju Benua Asia dan sampai ke India pada Mei 1498. 

Penjelajah lain yang disebut penemu Benua Asia adalah Marco Polo. Ia dikatakan orang Eropa pertama yang berhasil mengunjungi Asia, terutama China dan Mongolia.

Marco Polo memulai perjalanannya di usia 17 tahun bersama ayahnya menuju China. Namanya sempat dinyatakan sebagai penemu Benua Asia karena keberaniannya menjelajahi lautan selama 3-4 tahun dari Eropa ke China.

Tentang perjalanan Marco Polo ini, ternyata banyak sejarawan meragukan fakta itu. Muncul banyak pertanyaan apakah benar Marco Polo berlayar ke China atau sekedar menceritakan perjalanan orangtuanya ke China. 

Hal ini membuat namanya sebagai penemu Benua Asia diragukan. Jika merujuk pada bukti tekstual China abad ke-13 dan 14 Masehi, ada beberapa fakta yang berbeda tentang China masa itu dengan yang tertulis dengan bukti sejarah yang ditulis Marco Polo.

Salah satu hal yang paling sering dibahas dan terdapat perbedaan tentang pertemuan Marco Polo dengan Kubilai Khan. 

Catatan sejarah Marco Polo menyatakan ia melihat kapal Kubilai Khan mempunyai 5 tiang. Tapi, bukti sejarah menyebut kalau kapal milik Kubilai Khan hanya memiliki 3 tiang kapal. 

Hal ini memang membuat pamornya turun sebagai penemu Benua Asia. Namun, di sisi lain, Marco Polo masih bisa dianggap sebagai penemu Benua Asia jika mengacu pada catatan sejarah yang dibuatnya. (SJ/SBB)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top