Sir Isaac Newton, Ilmuwan dengan Temuan dan Karyanya yang Dikenang Sepanjang Masa

 


INDEPHEDIA.com - Sir Isaac Newton ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik.

Sir Isaac Newton lahir tanggal 4 Januari 1643 di Woolsthorpe, Lincolnshire, Inggris, dari pasangan Isaac Newton (Ayah) dan  Hannah Ayscough (Ibu). 

Sir Isaac Newton, tokoh inspiratif yang jenius dengan temuan-temuan dan karyanya yang dikenang sepanjang masa. 

Ia adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, teolog dan penulis Inggris yang secara luas diakui sebagai salah satu matematikawan dan fisikawan ternama.


Buku karya Sir Isaac Newton berjudul "Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica" yang diterbitkan pada tahun 1687 dianggap sebagai buku paling berpengaruh sepanjang sejarah sains. 

Buku karyanya ini meletakkan dasar-dasar mekanika klasik. Di dalam buku ini, ia menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad.

Newton penemu gravitasi yang menjadi dasar untuk semua ilmu pengetahuan modern dan juga orang pertama yang menghitung kecepatan suara. 

Selain itu, Newton juga menjadi orang pertama yang dapat menghitung kecepatan suara dan membuat langkah besar dalam studi cahaya.

Sir Isaac Newton meninggal pada 31 Maret 1727 di Kensington, Middlesex, Inggris, dalam usia 84 tahun, dan dimakamkan di Westminster Abbey. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top