Eros, Dewa Cinta dalam Mitologi Yunani

 
Sumber Foto: Elebrary

INDEPHEDIA.com - Eros --dikenal juga dengan nama Cupid--- dalam mitologi Yunani merupakan dewa cinta dan hawa nafsu. 

Putra Aphrodite (Afrodit), sang dewi kecantikan yang dalam mitologi Romawi dikenal Venus ini, juga disembah sebagai dewa kesuburan. 

Dalam mitologi Romawi, ia sering digambarkan dalam bentuk seorang anak muda bersayap, lengkap dengan busur dan anak panahnya. 

Dalam kisahnya, Eros terkenal sangat setia pada ibunya, meskipun sebenarnya ia juga dikenal dengan jiwa pemberontaknya.

Suatu saat ada seorang wanita bernama Psyche menyatakan diri bahwa ia adalah wanita tercantik setelah Aphrodite. Karena pernyataan itu, marahlah Aphrodite. 

Lalu, ia bermaksud menghukumnya dengan mengirim Eros agar menembak Psyche dengan panah yang dapat menyebabkan dia menjadi jatuh cinta dengan pria paling buruk rupa di Bumi.

Namun, ternyata kecantikan Psyche memang begitu mempesona hingga Eros pun jatuh cinta dan mengabaikan perintah ibunya dan membawa Psyche pergi. 

Di versi lain, Eros secara tidak sengaja tergores oleh panahnya sendiri saat hendak memanah Psyche sehingga ia jatuh cinta pada Psyche.

Ibunya Dewi Aphrodite tidak menyetujui hubungan mereka dan memberi beberapa tantangan pada Psyche. Ketika menjalankan salah satu perintah Aphrodite itu Psyche terkena kutukan. 

Eros kemudian berusaha mennyelamatkan Psyche dan mendatangi Zeus sang pemimpin para dewa. Zeus akhirnya mengabulkan permohonan Eros dan mengizinkan mereka untuk hidup bersama. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top