Arca Awalokiteshwara dan Arca Buddha Mahayana

 
Sumber Foto: Kemdikbud

INDEPHEDIA.com - Arca Awalokiteshwara dan Arca Buddha Mahayana ditemukan di Situs Bingin Jungut. 

Situs ini berada di sisi sebelah timur Sungai Musi di Desa Bingin Jungut, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

Situs tersebut untuk kali pertama dilaporkan oleh Schnitger pada 1937 dalam bukunya yang berjudul "The Archaeology of Hindoo Sumatra". 

Selanjutnya, ia menyebutkan dari situs tersebut ditemukan Arca Awalokiteswara yang bertangan empat. 

Arca Awalokiteswara kini disimpan di Museum Nasional, D-216-247 dan Arca Buddha yang belum selesai saat ini disimpan di Museum Balaputradewa Palembang.

Arca Awalokiteswara yang bertangan empat digambarkan dalam posisi berdiri, berukuran tinggi 192 cm dan memakai mahkota dengan hiasan Buddha Amithaba. 

Di bagian punggungnya terdapat tulisan yang berbunyi //daŋ ācāryya syuta//. Arca tersebut adalah Arcaha Mahayana yang dibuat di tempat setelah keluarga Sailendra berkuasa di Jawa pada abad ke-7–9 Masehi. 

Berdasarkan bentuk tulisannya, Arca Awalokiteswara berasal dari sekitar abad ke-8 Masehi.

Sedangkan, Arca Buddha yang belum selesai digambarkan dalam posisi tapak tangan kanan diarahkan ke depan, sedangkan tangan kirinya tertutup jubah. 

Bagian bawah arca belum selesai dikerjakan. Arca Buddha itu termasuk Buddha Mahayana yang dibuat di tempat dan mungkin telah ada ketika I-Tsing bermukim di Sriwijaya. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top