Arca Buddha Bukit Siguntang

 
Sumber Foto: Kemdikbud

INDEPHEDIA.com - Arca Buddha Bukit Siguntang ditemukan pada tahun 1920-an di Bukit Siguntang, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.  

Pada saat ditemukan, melansir Kebudayaan.kemdikbud, arca ini terdiri dari beberapa fragmen arca batu granit yang ternyata berasal dari sebuah arca Buddha yang berukuran cukup besar. 

Kepala arca ini semula disimpan di Museum Nasional kemudian disatukan kembali dengan badannya. Bagian kaki arca ini, hingga sekarang belum ditemukan. 

Pada saat ini, Arca Buddha Bukit Siguntang dapat dilihat di halaman Museum Sultan Mahmud Badarudin II yang berada di Kawasan Benteng Kuto Besak.

Arca Buddha yang ditemukan di Situs Bukit Siguntang ini digambarkan dalam sikap berdiri. 

Rambutnya digambarkan ikal-ikal kecil menutupi seluruh bagian kepala dan di bagian tengah atas terdapat semacam sanggul berbentuk bulat dan kecil (usnisa). 

Pakaian yang dikenakan semacam jubah panjang bergaris-garis. Pakaian tersebut menutup kedua bahunya.

Mengenai pertanggalan dilihat dari penggambaran arca yang secara keseluruhan tampak arca tersebut bergaya seperti arca-arca dari masa seni Amarawati. 

Didasarkan pada gaya seni tersebut, kemungkinan Arca Buddha dari Bukit Siguntang ini berasal pada abad antara 6-7 Masehi. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top