7 Istana Megah di Benua Asia yang Mengagumkan

 
The Grand Palace, Thailand
Di Benua Asia juga ada istana-istana menakjubkan yang kemegahannya tidak kalah dengan istana yang ada di Eropa. 

INDEPHEDIA.com - Negara-negara yang memiliki istana bukan hanya Benua Eropa saja. Di Benua Asia juga ada istana-istana menakjubkan yang kemegahannya tidak kalah dengan istana yang ada di Eropa.

Walaupun tidak semua istana ini dibuka untuk umum, tapi kamu masih dapat mengagumi keindahan istana tersebut dari kejauhan. Berikut INDEPHEDIA kutip dan rangkum 7 istana di Asia yang mengagumkan.

1. Istana Merdeka, Indonesia


Istana di Asia yang pertama adalah Istana Merdeka, Jakarta, Indonesia. Istana di Indonesia merupakan tempat Presiden menerima tamu-tamunya. Bentuk bangunan istana ini bergaya Palladian, dan pada zaman dahulu merupakan tempat kediaman resmi Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Istana ini mulai dibangun tahun 1873 dan diresmikan pada tahun 1879 semasa pemerintahan Gubernur Jenderal Johan Wilhelm van Lansberge. Istana ini juga menjadi saksi sejarah penandatanganan naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) oleh Pemerintah Belanda pada tanggal 27 Desember 1949.

2. The Istana, Singapore

Walaupun di Singapura tidak ada raja atau sultan, namun negara ini juga memiliki istana yang megah. The Istana di Singapura ini adalah tempat presiden menerima tamu negara. Istana ini juga adalah merupakan kantor dari perdana menteri Singapura. The Istana mulai dibangun pada tahun 1867.

Saat itu pemerintah kolonial Inggris ingin membangun sebuah rumah besar untuk menjadi rumah resmi dari gubernur Inggris. Pembangunan istana ini selesai pada tahun 1869. Hingga saat ini The Istana sudah pernah menjadi saksi sejarah dari 21 masa jabatan gubernur (1869–1958), dua masa jabatan oleh Yang di-Pertuan Negara (1959–1965), dan enam masa jabatan presiden (sejak 1965).

3. Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam

Brunei Darussalam negara tetangga Indonesia. Di negara kecil yang kaya raya ini terdapat bangunan istana yang sangat megah yakni istana Nurul Iman. Istana ini merupakan istana negara milik Kesultanan Brunei Darussalam. Hingga saat ini istana ini masih merupakan tempat kediaman resmi dari Sultan Hassanal Bolkiah.

Istana yang berdiri sejak tahun 1984 dibangun di lahan seluas 200.000 meter persegi, dan kabarnya kemegahan istana ini mengalahkan istana Buckingham di Inggris. Nama Nurul Iman yang diberikan untuk istana ini memiliki arti cahaya keimanan. Nama ini sekaligus mencerminkan Brunei sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim.

4. Istana Negara, Malaysia

Istana Negara atau Istana Nasional ini adalah tempat kediaman resmi dari Yang Dipertuan Agung, Raja Malaysia. Istana yang dipakai sekarang ini adalah istana yang baru. Istana ini dibangun pada bulan November 2007 dan menghabiskan biaya sebesar 812 juta ringgit Malaysia.

Kompleks istana ini menggabungkan unsur-unsur arsitektur Islam dan Melayu. Istana seluas 97,65 hektar ini memiliki 22 kubah, dan dibagi menjadi tiga bagian utama yakni : Bagian Formal, Bagian Kerajaan dan Bagian Administrasi. Tuanku Abdul Halim Mu'adzam Shah dari Kedah, adalah raja pertama yang menggunakan istana ini.

5. The Royal Palace, Cambodia

The Royal Palace atau istana kerajaan Kamboja ini merupakan tempat tinggal dari Raja Norodom Sihamoni, beliau adalah putera dari raja terdahulu yakni Norodom Sihanouk. Istana ini dibangun pada tahun 1860, dan sudah menjadi tempat kediaman resmi raja-raja di Kamboja sejak saat itu.

Istana raja Kamboja ini memiliki luas 174.870 meter persegi, dan dibangun di atas sebuah benteng tua yang disebut Banteay Kev. Tentu saja seiring berjalannya waktu, tempat ini sudah beberapa kali direnovasi. Namun hingga saat ini tempat ini tertutup untuk umum.

6. The Presidential Palace, Vietnam

The Presidential Palace di Vietnam ini terletak di kota Hanoi. Istana megah ini mulai dibangun pada tahun 1900 hingga 1906, dan dulunya adalah merupakan tempat kediaman resmi dari Gubernur Jenderal Indocina-Perancis.

Istana ini dirancang oleh Auguste Henri Vildieu, arsitek resmi Perancis untuk Indocina-Perancis. Istana megah ini memiliki desain bergaya eropa yang menggabungkan unsur-unsur desain Renaissance Italia. Saat ini istana ini dipakai untuk menerima tamu-tamu negara dan istana ini tertutup untuk umum.

7. The Grand Palace, Thailand

Sama seperti The Royal Palace di Kamboja, The Grand Palace Thailand ini juga merupakan tempat kediaman resmi dari raja Thailand yakni Maha Vajiralongkorn. Beliau merupakan putera dari raja terdahulu, Bhumibol Adulyadej. Istana yang dibangun pada tahun 1782 ini sudah menjadi tempat tinggal para raja Thailand sejak abad ke 18.

Pembangunan istana dimulai pada tanggal 6 Mei 1782, atas perintah Raja Phutthayotfa Chulalok (Rama I). Kompleks istana ini berbentuk persegi panjang, dan memiliki luas 218.400 meter persegi. Di dalam kompleks istana ini terdapat banyak bangunan, selain bangunan utama disana juga terdapat paviliun, hingga taman yang sangat indah. (WS/IN/R-03)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top